Inilah 5 Teknik Dasar Bola Voli Lengkap dan Simpel

Teknik Dasar Bola Voli – Selamat datang di website kami, website yang penuh dengan berbagai artikel menarik siap menambah ilmu Agan semua. Dalam postingan kali ini Admin mau bahas masalah salah satu olahraga yang lumayan populer saat ini. Bola Voli, itulah yang akan menjadi bahasan kali ini, untuk lebih jelasnya lagi di sini akan di bahas tentang “Teknik Dasar Bola Voli”.

Voli adalah olahraga tangan yang di lakukan di lapangan dengan di mainkan oleh 12 Orang. Yang mana dari ke-12 Orang tersebut di bagi dua kelompok atau dengan kata lain setiap kelompok terdiri dari 6 Orang. Di dalam permainan bola voli banyak sekali hal yang harus di perhatikan seperti cara bermain, posisi, cara latihan, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, penting sekali mempelajari terlebih dahulu teknik-teknik nya supaya bisa memaksimalkan kinerja kita saat bermain. Tapi, banyak orang yang menjadi pemain voli tidak perduli akan hal itu.  Padahal, pemahaman akan teknik dasar sangatlah penting.

Tidak sedikit orang yang gagal tidak memaksimalkan kinerja permainannya saat bermain voli. Setelah saya lihat, ternyata mereka lemah dalam pemahaman dasar-dasar dalam bermain voli.

Karena hal ini, untuk menguranginya saya akan menulis kan hal-hal yang berada dalam permainan bola voli. Terlebih teknik-teknik dasarnya apa lagi anda yang masih tergolong pemula, harus lebih di perhatikan.

Nah, di sini saya akan memaparkan secara lengkap tentang teknik dasar bola voli. Baik dari segi nama/jenis gerakan, pengertian, cara melatih, dan juga langkah-langkahnya dalam permainan Bola Voli.

Mau yang lain?

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli di temukan oleh seseorang yang bernama William G. Morgan yang aktif sebagai (Director of Physical Education). Pada awalnya voli memiliki nama yang cukup asing, yaitu Mintonette. Permainan bola voli ini sendiri di temukan pada tahun 1895 di Amerika Serikat (Holyoke, Massachusetts).

Penemuan permainan bola voli ini terjadi pada sebuah organisasi yang memiliki nama YMCA. Sedangkan YMCA (Young Men’s Christian Association) adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan untuk memberikan ajaran-ajaran pokok kepada seluruh umat kristen di masa itu. Olahraga Mintonette sendiri di ciptakan oleh penemunya setelah ia bertemu dengan seorang penemu permainan bola basket yang bernama James Naismith. Penciptaannya bola voli ini sekitar empat tahun setelah ditemukannya permainan bola basket. Inti dari tujuan penciptaan permainan bola voli ini tidak lain hanya untuk para anggota YMCA saja.

Pada tahun 1896 nama Mintonette berubah menjadi volley ball (bola voli). Saat itu ada sebuah acara besar yang peserta nya berasal dari seluruh anggota YMCA. Saat itulah Dr. Luther Halsey Gulick mengundang dan meminta Morgan untuk sebuah permainan baru yang ia ciptakan.

Pada awalnya pemain yang hadir di lapangan dari per timnya ada sekitar 5 orang. Namun Morgan sendiri menerangkan bahwa permainan itu tidak memiliki jumlah pemain yang husus, jadi bisa lebih bisa kurang. Namun ia juga menerangkan di dalam permainan itu tidak bisa di mainkan oleh banyak orang juga.

Untuk peraturannya sendiri pada saat itu belum ada peraturan yang benar-benar di pakai. Yang menjadi peraturan inti saat itu hanyalah mempertahankan bola agar tetap baegulir di lapangan dengan mengembalikannya ke daerah lawan.

Pentingnya Pemahaman Teknik Dasar Bola Voli

Belajar teknik dasar bola voli
Materi Teknik Bola voli

Jika anda adalah seorang pemain Voli, pemahaman tentang teknik-teknik dasarnya tentu sangat penting. Mengapa? Karena, banyak orang yang membuat kesalahan saat bermain voli yang di akibatkan oleh lemahnya pegetahuan mereka tentang teknik-teknik dalam bermain voli.

Untuk itu, penting sekali memahami teknik dasar apapun sebelum terjun pada suatu hal. Di dalam pentingnya pemahaman tentang teknik dasar tidak hanya di dalam Voli saja, melainkan segala hal yang berbau praktek pasti perlu memahami teknik nya.

Selain itu, dengan memahami tentang teknik dasar bola voli anda akan bisa membela tim voli tanpa mempermalukan nya. Emang ada yang mempermalukan saat bermain voli? Jawabannya ya jelas ada nih contohnya:

Teknik Dasar Servis dalam Bola Voli

Teknik dasar Servis Dalam Bola Voli
Teknik dasar Servis Dalam Bola Voli

Di dalam permainan Bola Voli ada teknik yang di nama kan Servis. Servis adalah suatu tindakan yang di lakukan untuk memulai pertandingan Bola Voli. Karena itu, yang paling dasar dan harus di utamakan dalam Voli adalah mempelajari Teknik servis.

Selain untuk memulai pertandingan, Servis juga bisa di gunakan sebagai  serangan supaya bisa mendapatkan poin. Yaitu, dengan memukul secara keras pada bola ke arah lawan. Berjalan atau tidaknya. Karena itu, bisa atau tidaknya anda melakukan servis akan menjadi penentu poin tim anda.

Tidak sedikit kesalahan yang di lakukan saat melakukan Servis, tentunya ini menjadi masalah yang besar dalam olahraga voli. Nah, untuk mengurangi kesalahan-kesalahan dalam melakukan servis alangkah baiknya anda mengetahui dan praktek kan teknik-teknik di bawah.

Jenis-jenis Teknik Servis Dalam Bola Voli

Secara global, servis di dalam permainan voli ada dua jenis, yaitu servis tangan bawah dan servis tangan bawah. Dari kedua teknik ini tidak cukup hanya mengetahui teknik-teknik nya saja, tapi selalu lakukan latihan untuk membiasakan diri.

Jenis servis yang di lakukan saat bermain voli juga sangat berpengaruh terhadap perlawanan musuh. Semakin baik anda melakukan servis maka lawan akan semakin kesulitan untuk bisa melakukan serangan.

Untuk itu, penguasaan bola saat hendak melakukan servis juga penting, jangan sampai bola yang kita pukul arahnya tidak sesuai.

Teknik Dasar Servis Tangan Bawah dalam Voli

Servis tangan bawah adalah teknik memukul bola voli dari bagian bawahnya. Teknik dasar bola voli ini bertujuan untuk melambungkan bola ke atas supaya melewati net.

Menurut banyak pemain Bola Voli, teknik memukul Servis ini tergolong teknik yang sangat mudah. Apalagi, kalau pemain bisa menambah beberapa variasi unik sehingga bisa menyulitkan lawan.

Contoh variasinya seperti puntiran, lambung, lob, dan masih banyak lagi.

Cara Melakukan Servis Tangan Bawah

Lihat video di bawah:

Kalau anda males buka vodeonya perhatikan tahapan-tahapan di bawah ini:

  1. Tentukan tangan dominan yang akan anda gunakan untuk melakukan pukulan dan kepalkan
  2. Pegang bola dengan salah satu tangan anda
  3. Posisi kaki sesuai posisi tangan, jika tangan kiri yang anda gunakan untuk memukul berarti posisi kaki kanan di depan begitu pula sebaliknya
  4. Posisi badan agam membungkuk
  5. Kaki agak di tekuk
  6. Pandangan tertuju terhadap target
  7. Lambungkan bola setinggi pinggang
  8. Pukul bola dengan menggunakan bagian tengah samping tangan anda
  9. Lambungan bola di perkirakan melewati net

Untuk bisa melakukan gerakan secara baik dan benar anda harus melakukan langkah-langkah di atas berulang kali. Sehingga, dengan hal ini anda akan lebih faham ukuran dan lambung bola lewat pukulan yang anda lakukan.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah:

Servis tangan Bawah - teknik dasar bola voli
Teknik dasar servis tangan bawah

Teknik Dasar Servis Tangan Atas dalam Voli

Lihat video di bawah:

Baiklah kalau anda tidak mau buka videonya lihat tahapan-tahapan di bawah ini:

Selain Servis Tangan Bawah, ada juga Servis Tangan tas. Servis tangan atas adalah teknik memukul bola dengan melambungkan bola ke atas dan memukulnya dengan telapak tangan.

Di dalam Servis Tangan Atas, terdapat beberapa teknik dasar bola voli yang yang bisa di lakukan. Semua ini, tergantung langkah kaki, lompatan, dan kekuatan tangan dalam memukul bola.

Biasanya, semakin kuat tangan orang tersebut semakin mudah mempraktek kan gerakan Servis ini. Tapi, bukan berarti yang memiliki tangan kurang kuat tidak akan bisa melakukan gerakan ini. Hanya saja, waktu berlatih dan penyesuaian akan agak lama.

Lihat gambar di bawah:

Servis Tangan Atas - teknik dasar bola voli
Teknik dasar bola voli

Berikut jenis-jenis servis tangan atas:

Cara Melakukan Servis Tangan Atas Tennis

Servis ini adalah teknik Servis Tangan Atas yang paling dasar. Pasalnya, di dalam melakukan Servis ini Server hanya memukul bola tanpa ada variasi apapun dan hanya bertujuan untuk melambungkan bola ke arah lawan.

Langkah-langkah:

  1. Posisi kaki siap seperti di jelaskan sebelumnya
  2. Salah satu tangan memegang bola
  3. Badan agak membungkuk
  4. Tangan yang akan di gunakan untuk memukul berada di samping kepala
  5. Lambung kan bola ke bagian depan atas dengan di susul lecutan tangan
  6. Pukul di bagian tengah bola

Cara Melakukan Servis Tangan Atas Floating

Sama halnya dengan teknik Servis Tennis, ini juga hanya bertujuan untuk melambungkan bola ke arah lawan. Hanya saja, penggunaan tangan yang mengepal yang menjadi pembeda nya.

Langkah-langkah:

  1. Posisi kaki masih sama seperti sebelumnya
  2. Tangan memegang bola
  3. Badan tegak
  4. Posisi tangan yang di gunakan untuk memukul di bawah
  5. Lambungkan bola setinggi kepala dengan posisi agak menyamping
  6. Lecutkan tangan dengan memutar nya ke atas
  7. Pukul bola di bagian tengahnya

Cara Melakukan Servis Tangan Atas Cekies

Di dalam teknik ini ada sedikit variasi arah gerakan bola. Yaitu bola yang di Servis akan sedikit memutar dan berbelok arah.

Langkah-langkah:

  1. Posisi kaki masih sama
  2. Pegang bola dengan kedua tangan
  3. Posisi awal badan membungkuk
  4. Lambung kan bola agak ke belakang
  5. Pukul bola di bagian tengah sampingnya dengan telapak tangan

Selain teknik-teknik di atas masih banyak teknik Servis lainnya. Tapi, jika anda ingin melanjut ke teknik yang lebih rumit alangkah baiknya anda terlebih dahulu menguasai teknik-teknik di atas.

Hal yang Perlu di Perhatikan Dalam Teknik Servis Voli

Di dalam melakukan Servis masih banyak orang yang melakukan kesalahan walaupun mereka telah mahir dalam melakukan Servis. Kesalahan yang paling sering di lakukan adalah tidak melambungkan bola sebelum memukulnya.

Memang, jika kita memukul bola dengan tidak melambungkan nya terlebih dahulu sangatlah mudah. Tapi, ini adalah sebuah pelanggaran yang akan menyebabkan adanya tambahan poin lawan.

Teknik Dasar  Passing dalam Bola Voli

Passing adalah teknik Teknik dasar bola voli dengan melambungkan bola dalam tujuan mengoper untuk membangun serangan kepada lawan. Teknik ini termasuk teknik yang paling harus di kuasai.

Kebanyakan orang, merasa kesulitan dalam melakukan passing terutama saat passing bola pertama. Kesalahan yang paling sering mereka lakukan adalah arah bola yang mereka lambungkan tidak sesuai dengan tujuan bahkan malah membuat bola tersebut jatuh.

Di dalam Passing terbagi dua kategori, yaitu Passing Atas dan Passing Bawah.

Teknik Dasar Passing Atas

Passing atas adalah penerimaan dan pengoperan bola yang di lakukan dengan telapak tangan dengan posisi bola di atas.

Lihat gambar di bawah:

teknik dasar passing atas
Teknik dasar passing atas dalam bola voli

Langkah-langkah:

  1. Posisi badan siap di arah datangnya bola
  2. Terima bola yang posisinya pas dengan aturan Passing Atas
  3. Terima bola dengan telapak tangan dekat jari
  4. Oper bola ke arah yang kita tuju dengan melambungkan nya ke atas
  5. Jika posisi bola rendah tapi anda ingin menggunakan passing atas tekuk kaki dengan mengukur posisi bola

Cara melatih:

  1. Lakukan langkah-langkah di atas secara berpasangan
  2. Lakukan push up dengan menggunakan jari tangan
  3. Latih dengan melabungkan bola ke atas secara berkali-kali
  4. Bisa juga melatih nya dengan memantulkan bola ke dinding dengan pantulan ke atas berkali-kali

Lihat Gambar Berikut

Teknik dasar passing atas dalam bola voli
olahraga.pro

Hal yang harus di perhatikan dalam Passing Atas

Di dalam melakukan Passing Atas masih banyak yang melakukan kesalahan yang berujung pelanggaran. Contohnya seperti:

  1. Mengambil bola rendah dengan posisi Passing Atas
  2. Memegang bola terlalu lama
  3. Terjadi dua kali sentuhan pada bola

Teknik Dasar Passing Bawah dalam Bola Voli

Passing Bawah adalah gerakan menerima dan melambungkan bola dengan menggunakan kedua tangan. Di dalam melakukan gerakan ini tentunya hanya bisa di pakai untuk bola yang ber posisi bawah saja.

Fungsi gerakan Passing ini sangat penting dalam teknik dasar bola voli. Karena, posisi Passing ini akan selalu di lakukan saat menerima Servis lawan, menerima Smash, mengoper Tosser, dan masih banyak lagi.

lihat gambar di bawah:

Teknik dasar passing bawah dalam voli
Passing Bawah

Langtkah-langkah:

  1. Posisi kaki melebar
  2. Salah satu kaki di depan untuk memudahkan penerimaan saat datangnya bola
  3. Terima dan pantulkan bola secara terarah
  4. Penerimaan bola menggunakan ujung lengan dekat ibu jari

Lihat gambar

Teknik Dasar Passing Bawah bola voli
olahraga.pro

Cara melatih Passing Bawah sama dengan Passing Atas tadi.

Hal-hal yang harus di perhatikan:

  1. Perhatikan gerakan tangan jangan sampai meleset mengenai bola
  2. Untuk mengatur ketinggian bola anda bisa mundur maju posisi
  3. Latih selalu kereflekan tangan
  4. Tangan jangan terlalu tegang saat menerima dan memantulkan bola

Teknik Dasar Smash Dalam Bola Voli

Teknik dasar Smash bola Voli
Serangan smash dalam olahraga voli

Smash adalah pukulan keras yang di lancarkan ke arah musuh dengan tujuan mencuri poin dari pihak lawan. Di Teknik dasar bola voli Smash menjadi salah satu pokok yang harus di kuasai. Karena, jika di dalam satu tim tidak ada Smasher maka akan sangat mudah untuk di kalahkan.

Untuk bisa melancarkan Smash secara maksimal tentunya di perlukan kerjasama tim yang baik.

Selain itu, jika di dalam permainan Bola Voli tidak ada sama sekali maka permainan akan terlihat sangat monoton sekali.

Untuk itu, supaya permainan Voli lebih terlihat menegangkan maka penting adanya serangan Smash. Tapi, yang menjadi masalah adalah para pemain tidak melakukan gerakan Smash bahkan caranya pun mereka tidak tahu.

Mungkin anda juga salah satu yang tidak bisa melakukan Smash kan?

Nah, supaya anda bisa melakukan gerakan Smash secara baik perhatikan hal-hal di bawah.

Langkah-langkah melakukan Smash:

  1. Berdiam di dekat net net
  2. Oper bola kepada Tosser
  3. Setelah Tosser mengoper bola lakukan lompatan sekuat tenaga
  4. Pukul bola sekuat tenaga dengan di arahkan ke arah lawan

Lihat gambar:

Teknik Dasar Smash bola voli
olahraga.pro

Dari gambar di aras, kita bisa melihat bagaimana tahapan-tahapan dalam melakukan Smash. Perhatikanlah posisi kaki sebelum, saat, dan setelah melakukan smash.

Cara melatih Gerakan Smash:

  1. Lakukan latihan dua orang dengan Tosser di dekat net
  2. Lakukan juga Smash sendiri dengan melempar bola ke dekat net
  3. Latih dengan memantulkan bola ke dinding
  4. Gantungkan bola bekas seukuran anda kuat melompatinya dan pukullah sambil melompat

Dengan menguasai teknik ini anda bisa menjadikan permainan yang membuat lawan kewalahan. Dengan itu kemenangan anda dalam voli akan gampang seperti contohnya ini:

Teknik Dasar Blocking dalam Bola Voli

Teknik dasar blocking bola voli
Cara menghadang smash lawan

Blocking adalah satu upaya yang di lakukan untuk menghalangi atau melumpuhkan serangan Smash lawan. Kedudukan Blocking dalam Teknik dasar bola voli sangatlah penting, karena untuk mempertahankan poin tim.

Untuk itu, jika anda ingin bermain Voli maka anda harus menguasai juga teknik dasar bola voli ini. Tapi, kebanyakan orang tidak bisa melakukannya dengan baik.

Setelah saya amati ternyata kebanyakan orang salah gerakan saat melakukan Blocking sehingga bola tidak dapat di hadang.

Di dalam teknik Blocking memiliki banyak jenis. Contohnya seperti Block tunggal, Block Ganda, Block semi dan masih banyak lagi.

Nah, di sini saya akan memaparkan tentang teknik dan cara melakukan Blocking yang benar.

Cara Melakukan Blocking dalam Bola Voli

  1. Selalu perhatikan arah datang bola
  2. Memasang posisi di dekat net
  3. Ambil posisi paling dekat dengan Smasher lawan
  4. Posisi bersiap seperti hendak melakukan Smash
  5. Tangan di kedua samping badan
  6. Lakukan lompatan saat bola datang dengan mengayun kedua tangan ke samping menuju arah datangnya bola
  7. Lakukan Blocking dengan mengembalikan bola ke daerah lawan

Lihat gambar

Teknik Blocking dalam bola Voli
olahraga.pro

Cara Melatih Gerakan Teknik Blocking

Untuk bisa melakukan Blocking dengan lancar dan tepat, tentunya ada latihan-latihan tertentu untuk di lakukan.

Di dalam melatih gerakan Blocking tergolong hal yang lumayan susah, karena harus memperhitungkan ketepatan dan kekuatan.

Kekuatan tangan dalam melakukan Blocking sangat penting. Karena, jika kekuatan tangan lemah saat melakukan Blocking di khawatirkan akan mengakibatkan patah tulang. Hal ini di sebabkan karena terjadinya benturan keras dari Blocking.

Selain itu, seorang Blocker juga harus berlatih keras dengan maksimal supaya bisa lebih lancar melakukannya.

Tidak hanya latihan dan ketepatan saja, hampir 80% saat melakukan Blocking pasti berhadapan dengan lawan. Karena itu, di perlukan juga adanya kekuatan mental.

Berikut cara untuk melatih gerakan Blocking:

  1. Lakukan lompatan dekat net seakan anda melakukan Blocking secara rutin
  2. Lakukan olahraga Skipping secara rutin untuk melatih ke lincahan
  3. Lakukan selalu push up untuk melatih kekuatan tangan

Hal-hal yang harus di perhatikan saat melakukan Blocking:

  1. Perhitungkan selalu arah datangnya bola
  2. Selalu berhati-hati saat melakukan lompatan
  3. Jangan sampai tengan terkena net saat melakukan Blocking
  4. Perhatikan arah pendaratan kaki supaya tidak terjadi salah penempatan sehingga kena pelanggaran

Pengenalan Posisi Dalam Permainan Bola Voli

Teknik posisi pemain bola Voli
Titik-titik posisi pemain voli

Setelah anda bisa melakukan Teknik-teknik di atas saatnya anda melakukan Pertandingan dengan lawan. Tapi, masih ada satu yang belum tersinggung yaitu masalah posisi.

Di dalam Teknik dasar bola voli Posisi adalah salah satu hal yang juga harus di kuasai. Dengan menguasai posisi, permainan akan lebih terlihat rapi dan tertata.

Berikut di antaranya manfaat dari penguasaan Posisi:

  1. Kerjasama terjalin rapi
  2. Lebih mudah melancarkan serangan
  3. Tidaka adanya ke salah fahaman

Berikut Beberapa Posisi Pemain dalam Voli

  • Tosser atau Set up

Tosser adalah pemain yang bertugas untuk mengoper bola-bola cantik kepada Smasher. Semakin baik peran tosser dalam satu tim maka semakin baik pula serangan-serangan yang di lancar kan.

Posisi tosser sendiri biasanya berada di dekat net dengan menyesuaikan pergerakan arah bola pertama.

  • Libero

Libero adalah pemain yang bertugas menghadang bola-bola mentah yang tidak dapat di halangi oleh Blocker. Selain itu, Libero juga bertugas sebagai penerima bola pertama dari Server lawan.

Posisi libero biasanya berada di belakang pemain depan.

  • Spiker atau Smasher

Spiker atau Smasher adalah pemain yang bertugas untuk finishing dari serangan yang telah di bangun oleh tim. Selain itu, Spiker atau Smasher juga bertugas memblok Smash dari lawan.

Posisi Smasher atau Spiker berada di dekat net.

  • Server

Seperti yang telah di katakan di atas, Server adalah seseorang yang bertugas mengawali pertandingan. Dengan pukulan awal dari Server berarti permainan di mulai.

Posisi Server berada di luar ujung lapangan.

Mungkin hanya itu ulasan mengenai “Teknik Dasar Bola Voli” yang bisa saya sampaikan. Jangan lupa baca terus artikel-artikel terbaru dari kami untuk menambah ilmu pemirsa sekalian. Semoga bermanfaat dan sukses selalu, jangan lupa baca terus artikel terbaru kami.

4 pemikiran pada “Inilah 5 Teknik Dasar Bola Voli Lengkap dan Simpel”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: