Tanda-tanda Kiamat Kubra dan Sughra Lengkap

Tanda-tanda kiamat – Assallamu’alaikum warramatullahi wabarakatuhu, apa kabar saudara-saudaraku sekalian? Semoga antum selalu berada dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Jumpa lagi di silanesia.com portal penuh informasi, inspirasi, dan motivasi.

Di pembahasan artikel kali ini admin mau bahas sedikit tentang urusan agama nih. Tentunya hal ini berkaitan dengan kesadaran dan kepastian yang akan terjadi suatu hari nanti.

Selain itu, admin juga berharap munculnya kesadaran dari para pembaca dan bisa mengambil manfaat dari artikel ini. Atau dengan kata lain admin membuat artikel ini dalam rangka watawasoubilhaq watawasoubosobr.

Tepatnya di artikel kali ini admin akan bahas tentang “Tanda-tanda kiamat”.

Kalian pasti tak asing lagi mendengar kata Tanda-tanda kiamat karena hal ini merupakan bagian yang harus diimani oleh umat muslim.

Di akhir zaman ini banyak orang yang meramalkan terjadinya kiamat. Namun semua itu tidak terjadi karena tak ada satupun orang yang mampu meramalkan kapan pastinya terjadi kiamat.

Hanya saja Tanda-tanda kiamat ini bisa kita lihat dan bisa kita rasakan.

Di sini admin akan bahas sekemampuan admin sendiri dan juga berdasarkan pemahaman yang telah admin ketahui. Berikut ulasan lengkapnya mengenai “Tanda-tanda kiamat”.

Pengertian Kiamat

Tanda-tanda kiamat ada berapa
Ilustrasi: http://azzamaviero.com

Sekarang kita buka dengan pengertiannya, apa sih yang dinamakan kiamat itu?

Kiamat yaitu suatu hari dimana pada hari itu dihancurkanny seluruh alam semesta. Selain itu pada hari kiamat juga seluruh pakhluk akan dibinasakan tak akan ada yang tersisa.

Pada hari terjadinya kiamat itu juga akan ditandai oleh suara terompet keras. Yang mana kita kenal suara terompet itu adalah tiupan terompet yang dilakukan oleh Makaikat Israfil.

Tentunya pada hari ditiupkan terompet itu adalah perintah dari Allah kepada Malaikat Israfil.

Setelah alam semesta ini hancur lebur maka akan ditiupkalah terompet yang kedua. Yaitu menandakan bahwa pada tiupan terompet yang kedua manusia akan dibangunkan kembali untuk menjalani masa selanjutnya.

Manusia yang di bangunkan pada saat tiupan terompet yang kedua tidak satu negara atau satu bumi saja. Melainkan seluruh penduduk bumi dari mulai zaman Nabi Adam A. S. sampai manusia terakhir yang menjadi umatnya Nabi Muhammad S. A. W.

Dibangkitkannya manusia pada waktu itu bukanlah tanpa sebab apapun, melainkan ada sebab tertentu. Hari itu adalah hari pembalasan dimana semua manusia akan di balas berdasarkan amalan-amalan yang telah mereka lakukan selama hidup di Bumi.

Penjelasan kiamat di atas hanyalah penjelasan kiamat secara global saja. Selebihnya ada pengertian kiamat secara terperinci, karena secara garis besar kiamat itu terbagi kedalam dua bagian yaitu kiamat sughra dan kiamat kubra.

Karena itu, supaya lebih lengkap kita juga akan bahas sedikit mengenai kiamat sughra.

Jenis-jenis Kiamat

Tanda-tanda kiamat apa saja
Ilustrasi:

Untuk pembahasan Kiamat Sughra admin akan mulai dengan jenis-jenis kiamat terlebih dahulu.

Sebagaimana tadi disebutkan bahwa kiamat itu terbagi dua yaitu kiamat sughra dan kiamat kubra. Maka keduanya pun memiliki pengertian dan arah masalah yang berbeda. Memang jika di sebut secara bahasa saja artinya kehancuran-kehancuran saja.

Namun makna ini masih umum sehingga perlu penjelasan yang lebih mendalam.

Apa itu Kiamat Sughra?

Tanda-tanda kiamat kecil
https://img.okezone.com

Kiamat sughra atau juga sering di sebut kiamat kecil adalah hari dimana pada waktu itu terjadi sebuah bencana. Yang mana bencana itu menimpa sebagian negara, satu negara, kelompok ataupun seorang saja. Yang penting pada hari itu terjadi sebuah bencana.

Kiamat ini sangat sering terjadi di masa sekarang. Seperti contoh kita lihat pada bencana yang terjadi ditahun 2004, yaitu tsunami aceh. Itu adalah salah satu contoh kiamat sughra yang terjadi di sekitar kita.

Selain itu juga ketika kita merasakan kesedihan, sakit, atau kecelakaan itu juga bisa disebut kiamat sughra. Karena masalah atau bencana yang terjadi hanya pada sebagian saja.

Terjadinya kiamat sughra biasanya karena beberapa faktor yang berada pada manusia, yaitu:

  1. Mengingatkan manusia supaya kembali ke jalan yang lurus

Yakni kiamat yang terjadi karena kelalaian yang telah dilakukan oleh sebagian orang atas perintah Allah Swt. Oleh karena itu untuk mengingatkannya Allah Swt menurunkan peringatan yang berupa bencana alam, kecelakaan, kekurangan dan lain-lain.

  1. Menguji orang-orang untuk memperkuat keimanan

Keimanan adalah suatu hal yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan beragama. Karena apa? Karena keimanan adalah pokok yang mengantarkan kepercayaan kita kepada Allah. Sebagaimana kita tahu keimanan itu memiliki beberapa tingkanat yang berbeda.

Oleh karena itu, setiap orang yang tingkat keimanannya akan dinaikan maka akan diuji terlebih dahulu. Logikanyta kita lihat sekolahan yang mengadakan ujian sebelum adanya kenaikan kelas. Samahlnya dengan keimanan dalam islam juga ada ujian terlebih dahulu.

  1. Membinasakan kaum-kaum atau orang yang membangkang

Sungguh pembangkangan adalah sebuah perbuatan yang sangat tercela. Oleh karena itu pantaslah orang-orang yang membangkang diberikan teguran. Namun orang yang membangkang secara berlebihan dan tetap berada dalam kemaksiatan maka pantaslah mereka dibinasakan.

Seperti kita lihat pada kaum-kaum sebelumnya yang membangkang terhadap aturan Allah Awt mereka dibinasakan langsung dengan siksa yang sangat menyakitkan.

Biasanya peristiwa ini disebut azab atau siksa.

Terjadinya azab ini tidak hanya untuk kaum-kaum tertentu melainkan orang-orang yang membangkang pun akan diberikan azab atas apa yang telah mereka lakukan ini.

Apa itu Kiamat Kubra?

Tanda-tanda kiamat air dan api
Ilustrasi: https://www.thinglink.com

Sebagaimana tadi dijelaskan kiamat kubra adalah hari dihancurkannya alam semesta beserta makhluk-makhluknya. Atau dengan kata lain bisa disebut hari berakhirnya semua kehidupan dunia.

Berbeda dengan kiamat sughra yang terjadi berkali-kali kepada kaum yang sama atau kaum yang beda. Tapi kiamat kubra akan terjadi hanya satu kali dan meliputi segala makhluk yang telah Allah ciptakan.

Takkan ada yang tahu dan tak pernah ada yang tahu tentang kapan dan bagaimana jelasnya proses terjadinya kiamat. Yang jelas kiamat itu pasti akan datang.

Walaupun banyak orang yang meramalkan hari kiamat itu di tahun atau tanggal tertentu tapi semua itu tak terbukti adanya. Misalnya pada tahun 2012 yang diramalkan pada bulan Desember akan terjadi kiamat.

Nyatanya hingga saat ini tahun 2018 bumi masih ada dan malah yang meramalkannya yang mati. Oleh karena itu kita juga tidak boleh toh tahu tentang kapan terjadinya kiamat.

Yang kita bahas tahu hanya tanda-tandanya, dan jika kita berada pada peristiwa hari kiamat tersebut.

Memang kita lihat beberapa tanda yang dijelaskan dalam Hadits dan Al-Qur’an telah banyak kita jumpai. Oleh karena itu disini akan memuat juga mengenai Tanda-tanda kiamat dari Al-Qur’an, Hadits, dan juga para Ulama.

Selebihnya anda bisa melihat penjelasan video di bawah ini:

Atau:

Mengapa harus terjadi kiamat?

Tanda-tanda kiamat besar yang belum terjadi
Ilustrasi: https://img.okeinfo.net

Tadi kita sudah tahu tentang pengertian kiamat itu sendiri. Baik itu kiamat kubra maupun kiamat sughra tadi telah dijelaskan. Mungkin dari teman-teman pembaca sekalian ada yang bertanya-tanya mengapa sih kiamat harus terjadi?

Terjdinya kiamat adalah peristiwa yang dimana pada hari itu Allah akan memperlihatkan keagungan kepada makhluknya. Selain itu hari kiamat juga untuk menyadarkan manusia bahwa sesungguhnya di dunia itu takkan ada yang abadi dan sudah seharusnya umat manusia untuk menyembah Allah Swt supaya nanti mendapatkan kebahagiaan.

Kemudian, terjadinya kiamat juga karena supaya orang-orang yang membangkang atas perintah allah melihat bagaimana kedahsyatan dari kekuasaan Allah Swt.

Unruk lebih jelasnya coba lihat QS Ghafir/Muhammad [40]: 15-16.

Proses Singkat Terjadinya Kehidupan Hingga Kiamat?

Tanda-tanda kiamat islam
Ilustrasi: https://www.gulalives.co

Manusia diciptakan bukan tanpa sebab. Pasti ada maksud yang terkandung dalam penciptaan ini. Salah satunya yang di jelaskan dalam Al-Qur’an surat Adz-Dzaariyat (51: 56)

وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡن

Yang artinya: “Tidaklah aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah”.

Maka dari ayat di atas kita bisa menyimpulkan mengapa Manusia diciptakan karena supaya mereka beribadah kepada-Nya. Selain itu Allah juga menciptakan Jin yang juga diperintahkan untuk beribadah seperti manusia.

Namun di pembahasan kali ini admin nggak akan membahas masalah jin, yaitu yang dibahas mengenai Manusia saja.

Setelah tadi kita lihat bahwa manusia diciptakan untuk beribadah berarti ssemua ini adalah perintah yang mau nggak mau harus ditaati. Yang mana nantinya menjadi konsekwensi tersendiri jika manusia tak mau melakukan perintah dari Allah ini.

Sebagaimana kita tahu pada surat Al-Baqoroh ayat 20 (02: 21) Allah Swt menjelaskan bahwa:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اعۡبُدُوۡا رَبَّكُمُ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ وَالَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَ

Yang artinya: “Wahai manusia beribadahlah kalian semua kepada tuhanmu yang telah menciptakan kalian semua dan orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa”.

Itu adalah sebab mengapa manusia diciptakan oleh Allah Swt. Selanjutnya yaitu mengenai proses penciptaan manusia hingga berakhirnya kehidupan semua makhluk di muka bumi.

Setidaknya ada lima alam yang pasti dilewati oleh manusia,yang  sebagian nya sudah dilewati dan ada juga yang tengah dialami. Apa saja sih alamnya? Berikut ulasan lengkapnya:

  • Alam Ruh

Alam ruh adalah sebuah alam yang mana pada masa itu Allah menciptakan semua ruh yang menjadi calon makhluk hidup di muka bumi. Semua ruh ini diciptakan bersamaan namun tidak sekaligus turun atau dibentuk menjadi manusia secara bersamaan. Ayat yang menjelaskan masalah ruh ini ada pada surat Al-A’raf ayat 173.

  • Alam Rahim

Setelah para ruh diciptakan maka satu persatu akan diutus oleh Allah untuk menempati raga calon manusia. Yang mana raga ini sebelumnya telah melalui proses juga yaitu terbuat dari tanah liat. Ruh ini akan ditiupkan pada raga calon manusia disaat jabang bayi berusia 4 bulan.

Selain itu, di sini juga manusia ditulis nasibnya, jodohnya, kematiannya, dan segala hal yang berhubungan dengan kehidupan dunianya.

Di alam rahim ini manusia pada umumnya akan tinggal selama kurang lebih 9 bulan 10hari. Lengkapnya Q. S. As-Sajdah ayat 9.

  • Alam Dunia

Kemudian alam dunia, atau dengan kata lain alam yang tengah kita jalani saat ini. Di alam dunia adalah alam yang didalamnya terkandung segala hal yang harus manusia pertanggung jawabkan.

Di alam dunia manusia akan disuguhkan beberapa tugas, larangan, dan perintah untuk dilaksanakan.

Otomatis kehidupan baik buruknya manusia selama di dunia menjadi cermin untuk kehidupannya nanti di Akhirat.

  • Alam Barzah

Alam barzah atau yang juga dikenal dengan sebutan alam kubur adalah sebuah tempat dimana manusia menunggu datangnya kehidupan akhirat. Atau dengan kata lain tempat yang digunakan untuk transit manusia sebelum kiamat nanti.

Di alam ini, manusia akan ditempatkan sebagaimana kehidupannya di Dunia. Andaikan ia berbuat durhaka selama di Dunia maka kecelakaan lah yang ia rasakan di alam Barzah ini.

Sebaliknya, jika orang itu berbuat kebaikan selama di Dunia maka kehidupan di alam Barzahnya akan dimuliakan. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadits:

ثُمَّ يُقَالُ لَهُ: نَمْ فَيَقُوْلُ: أَرْجِعُ إِلَى أَهْلِى فَأَخْبِرُهُمْ؟ فَيَقُوْلُ: نَمْ كَنَوْمَةِ الْعَرُوْسِ الَّذِى لاَ يُوْقِظُهُ إِلاَّ أَحَبُّ أَهْلِهِ إِلَيْهِ حَتَّى يَبْعَثُهُ اللهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ

Yang artinya: Dikatakan kepadanya, “Tidurlah engkau!”. Lalu ia berkata, “Bolehkah aku kembali untuk mengabarkan kepada mereka?”. Lalu kedua malaikat menjawab, “Tidurlah engkau seperti tidurnya pengantin baru!”. Yang mana pada masa itu takkan ada yang dapat membangunkan kecuali orang yang paling dicintai diantara keluarganya. Sehingga Allah membangkitkannya dari pembaringan tersebut. (HR. At-Turmudziy: 1071). Saikh Al-Albaniy berkat bahwa Hadits ini Hasan.

  • Alam Akhirat

Jika dikatakan, alam akhirat adalah alam yang terakhir dialami oleh manusia. Setelah sebelumnya melewati beberapa alam yang berbeda dan proses yang lumayan lama maka di sinilah tempat kembali manusia yang sesungguhnya.

Di akhirat juga sama manusia akan terbagi pada dua golongan. Yakni manusia yang bahagia dan manusia yang celaka.

Semua pembalasan yang didapat di hari kiamat juga tergantung seperti apa kehidupan manusianya selama di dunia.

Di akhirat nanti orang-orang yang bahagia akan di tempatkan di Syurganya Allah dan orang-orang yang celaka akan di tempatkan di Nerakanya Allah.

Namun dari kedua tempat kembali tersebut yang baik adalah kehidupan di Syurganya Allah. Hal ini karena “Sebaik-baiknya tempat kembali adalah Syurga”.

Tanda-tanda kiamat Kubra

Tanda-tanda kiamat akan segera datang
Ilustrasi: http://kinikita.com

Kita tahu kiamat itu tak ada yang tahu dan takkan ada yang tahu selain Allah Swt. Namun terjadinya kiamat jauh sebelum nya telah dijelaskan sekitar 14 abad yang lalu oleh Rasulullah S. A. W. dalam hadits dan Al-Qur’an.

Selain itu para ulama juga menjelaskan Hadits dan Al-Qur’an tentang tanda-tanda kiamat tersebut.

Tanda-tanda Kiamat Menurut Al-Quran, Hadits dan Pendapat Ulama

Tanda-tanda kiamat
Ilustrasi: http://madinatulquran.or.id

Keterangan yang menjelaskan tentang tanda-tanda kiamat ini sangat banyak sekali ditemukan. Dan tidak hanya itu, Hadits-hadits yang menjelaskannya pun banyak dan panjang-panjang.

Didalam tanda-tanda terjadinya kiamat ini tentunya mengimani tentang terjadinya adalah wajib bagi seluruh muslim. Karena ini adalah salah satu dari 6 rukun iman.

Maksudnya yaitu seluruh umat muslim harus yakin bahwa di suatu hari nanti akan ada masa dimana pada hari itu bumi dan seisinya akan hancur lebur.

Memang, gambaran jelas mengenai hari kiamat manusia tidak ada yang tahu. Tapi yang jelas manusia harus mengimaninya karena ini adalah termasuk kedalam masalah akidah Sami’yat yang telah diterangkan dalam Hadits maupun Al-Qur’an.

Berikut beberapa Ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang hari Kiamat ini:

  1. Surat Al-Infithar [82: 1-3]

اِذَا السَّمَآءُ انْفَطَرَتۡۙ‏, وَاِذَا الۡكَوَاكِبُ انْتَثَرَتۡۙ‏, وَاِذَا الۡبِحَارُ فُجِّرَتۡۙ‏

Artinya: Ketika langit terbelah (1) Dan apabila bintang-bintang berjatuhan (2) Dan apabila lautan meluap (3). (82: 1-3)

  1. Al- Muzzamil, [73: 14]

يَوۡمَ تَرۡجُفُ الۡاَرۡضُ وَالۡجِبَالُ وَكَانَتِ الۡجِبَالُ كَثِيۡبًا مَّهِيۡلًا‏

Artinya: Pada hari bergoncangnya bumi dan gunung-gunung, dan gunung-gunung itu laksana tumpukan pasir yang beterbangan (14)

  1. Surat An-Naml, [27: 87]

وَيَوۡمَ يُنۡفَخُ فِىۡ الصُّوۡرِ فَفَزِعَ مَنۡ فِىۡ السَّمٰوٰتِ وَمَنۡ فِى الۡاَرۡضِ اِلَّا مَنۡ شَآءَ اللّٰهُ‌ؕ وَكُلٌّ اَتَوۡهُ دٰخِرِيۡنَ‏

Artinya: Dan ingatlah ketika sangkakala ditiupkan, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Dan sungguh mereka semua datang kepada-Nya dengan merendah diri. (27:87)

  1. Al-Ahzaab, [33: 63]

يَسۡـــَٔلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِؕ قُلۡ اِنَّمَا عِلۡمُهَا عِنۡدَ اللّٰهِؕ وَمَا يُدۡرِيۡكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُوۡنُ قَرِيۡبًا‏

Artinya: Manusia akan bertanya kepadamu tantang hari kebangkitan. Katakanlah: “Sesungguhnya ilmu tentang hari kebangkitan itu hanyalah di sisi Allah. Dan tahukah engkau (Muhammad)?, Bisa jadi hari itu telah dekat waktunya. (33: 63)

Itulah beberapa ayat yang menjelaskan tentang terjadinya kiamat, selebihnya banyak lagi ayat dan keterangan lain yang menjelaskan tentang terjadinya kiamat.

Untuk Tanda-tanda kiamat adalah sebagai berikut:

  • Diutusnya Nabi dan Rasul Terakhir

Dalam hal ini kita sudah pasti tahu, sekitar 14 abad yang lalu penutup para nabi dan rosul telah diutus ke muka bumi ini. Nabi muhammad SAW adalah nabi dan rosul terakhir yang diutus Allah ke muka bumi dan menjadi Nabi terakhir.

Keterangan yang menjelaskan bahwa diutusnya Nabi Muhammad SAW adalah tanda akhir zaman adalah haditsnya, yaitu:

Rasulullah SAW bersabda: “Aku diutus (sebagai Nabi dan Rasul) sedangkan kiamat itu sangat dekat, bagaikan dekatnya kedua jari ini”. (Hadits riwayat Bukhari, Muslim, dan Abu dawud)

Selain itu di dalam Al-Qur’an juga dijelaskan bahwa:

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنۡ رِّجَالِكُمۡ وَلٰـكِنۡ رَّسُوۡلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا‏

Artinya: “Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Maksudnya: Nabi Muhammad SAW bukanlah ayah dari salah seorang sahabat, karena itu janda Zaid dapat dikawini oleh Rasulullah SAW”.

  • Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Nabi terakhir telah diutus sekitar 14 abad yang lalu dan wafatnya beliau juga menjadi tanda akhir zaman. Dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya:

“Diantara tanda-tanda kiamat adalah kematianku”. (Hadits riwayat Bukhori)

  • Pemimpin yang terdiri dari orang yang jahil dan fasik

Selanjutnya adalah naiknya orang-orang fasik menjadi pemimpin. Selain orang fasik akan merusak orang-orang yang dipimpinyya jika ia menjadi pemimpin. Mereka juga menjadi salah satu Tanda-tanda kiamat.

Hal ini dijelaskan dalam Hadits yang mana kutipannya adalah:

“Jika tugas atau beban sebagai pemimpin itu dipegang (diserahkan) pada bukan ahlinya (jahil) atau orang yang tak layak (fasik), maka tunggulah saat kehancuran.”

  • Munculnya Dajjal

Tanda selanjutnya yang menandakan akan terjadinya kiamat adalah munculnya Dajjal. Munculnya dajal merupakan peristiwa yang begitu besar. Karena pada saat itu Dajjal akan menyebarkan fitnah yang begitu besar.

Dijelaskan bahwa: ”Di antara kejadian dimasa Nabi Adam  sampai Hari Kiamat, (tidak ada) sesuatu kejadian yang lebih besar kecuali Dajjal.” (HR Muslim)

  • Turunnya Nabi Isa As

Sebagaimana kita tahu bahwa dulu Nabi Isa AS telah diutus, namun karena desakan kaumnya Nabi Isa diangkat ke langit oleh Allah Swt. Nah suatu hari nanti Nabi Isa AS akan kembali diturunkan setelah datangnya Dajjal.

Tugas Nabi Isa AS selama diutus adalah membinasakan Dajjal.

  • Munculnya Yajuj dan Majuj

Dahulu ada kaum perusak yang dikubur oleh Raja Dzulkornain, yang mana mereka dikenal dengan kaum Yakjuz-Makjus. Suatu hari nanti kaum perusak ini akan kembali muncul dan berkuasa ntuk membuat kerusakan di muka bumi.

  • Terjadinya Tiga Penenggelaman Bumi

Di hari kiamat akan ada peristiwa penenggelaman bumi, walaupun hal ini belum terjadi tapi daerah barat, timur, dan jazirah arab diperkirakan akan mengalami penenggelaman.

  • Munculnya Asap atau kabut

Asap atau biasa juga disebut kabut kemunculannya juga merupakan salah satu tanda terjadinya kiamat. Allah Swt berfirman dalam Q.S. (Ad-Dukhan: 10 – 11)

فَارۡتَقِبۡ يَوۡمَ تَاۡتِى السَّمَآءُ بِدُخَانٍ مُّبِيۡنٍۙ‏,  يَغۡشَى النَّاسَ‌ؕ هٰذَا عَذَابٌ اَلِيۡمٌ‏

Artinya: Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih,  (Mereka berdo’a): “Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman”.

  • Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia

Di dalam Hadits dijelaskan bahwa, di negeri Syam akan muncul api yang mengumpulkan manusia. Hal ini menjadi salah satu tanda kiamat. Berikut redaksi Haditsnya:

 “Wahai Rasulullah, apakah yang hendak engkau perintahkan pada kami?” Rasulullah menjawab, “Hendaklah kalian berkumpul di Syam.”

  • Keluarnya Binatang dari Perut Bumi

Kemudian yang menjadi tanda-tanda kiamat juga munculnya hewan dari perut bumi (Dabbatulard). Binatang-binatang itu akan menandai setiap orang yang ada di muka bumi. Baik orang kufur maupun oran yang beriman pasti akan mereka tandai.

Untuk orang kufur mereka akan ditandai hidungnya.

“Binatang tersebut akan keluar dan akan memberikan tanda pada hidung-hidung mereka.”

Kemudian dalam Al-Qur’an juga dijelaskan bahwa:

وَ اِذَا وَقَعَ الۡقَوۡلُ عَلَيۡهِمۡ اَخۡرَجۡنَا لَهُمۡ دَآبَّةً مِّنَ الۡاَرۡضِ تُكَلِّمُهُمۡۙاَنَّ النَّاسَ كَانُوۡا بِاٰيٰتِنَا لَا يُوۡقِنُوۡن

Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami. (QS. An-Naml:82)

  • Terbitnya matahari dari arah barat

Kita tahu matahari saat ini terbitnya dari arah timur bukan dari arah barat bukan? Hanya saja di hari kiamat nanti matahari yang biasa terbit dari arah timur ini akan berpindah arah menjadi terbit dari arah barat.

Hal ini menandakan bahwa terjadinya hari kiamat adalah sebuah hari besar yang menandakan keagungan Allah.

Tidak akan terjadi Hari Kiamat hingga matahari terbit dari barat. Ketika (manusia) menyaksikan matahari terbit dari barat, (maka) semua manusia akan beriman. Pada hari tersebut tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau ia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya (HR Bukhari)

  • Ditiupnya Sangkakala

Sangkakala adalah sebuah terompet besar yang pada suatu hari nanti akan ditiupkan oleh seolang malaikat yang bertugas. Malaikat isrofil, itulah julukannya. Beliau ditugaskan oleh Allah Swt untuk meniupkan sangkakala ketika waktu kiamat telah tiba.

Tiupan terompet pertama oleh malaikat Isrofil menandakan bahwa bumi akan berakhir untuk selamanya. Selain itu ada juga tiupan terompet selanjutnya yang akan ditiupkan setelah bumi hancur karena kiamat. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadits yang artinya:

 “Israfil meniup sangkakala tiga tiupan. Tiupan yang pertama adalah yang mengejutkan. Tiupan yang kedua adalah yang mematikan. Sedangkan tiupan ketiga adalah yang membangkitan (makhluk) menghadap Rabbul ‘alamin.”

Ini adalah sebagian dari tanda-tanda kiamat yang besar. Sedangkan untuk tanda-tanda kiamat yang lainnya masih banyak yang belum bisa admin tulis. Untuk itu admin juga menambahkan mengenai Tanda-tanda kiamat yang sudah muncul.

Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Muncul

Tanda-tanda kiamat kubra
Ilustrasi: http://www.teamliquid.net

Tanda-tanda kiamat yang admin sebutkan sebelumnya hanya tanda yang besar saja, dan ini adalah Tanda-tanda kiamat yang besar yang sudah muncul sekarang:

  • Gunung-Gunung di Makkah Mulai Berlubang

Pada zaman dahulu, Nabi Muhammad SAW menerangkan bahwa pada suatu hari nanti akan ada suatu hari dimana masa itu gunung-gunung di kota Mekkah akan berlubang.

Masyarakat Mekkah pada waktu itu tidak sepenuhnya yakin, karena kebanyakan gunung di Mekah itu gunung batu.

Namun kini semua yang telah Nabi katakan terbukti adanya.

Hampir semua gunung-gunung di Mekkah telah berlubang yang membentuk sebuah terowongan. Terowongan ini biasa digunakan sebagai jalan akses antar kota.

Mungkin anda yang pernah ke Mekkah sudah melihat bagaimana kondisi gunung-gunung yang berlubang tersebut.

Rasulullah SAW bersabda “Jika kamu lihat gunung-gunung di Mekkah ada lubang yang menembusinya”

Selain itu, Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata: “Bagaimana pendapat kalian, jika kalian hancurkan Ka’bah dan tidak menyisakan ada batu yang masih menumpuk?

Mereka menjawab: oleh kita yang beragama Islam? Beliau menjawab: benar, kalian yang beragama Islam. Seseorang bertanya: lalu apa lagi? Beliau menjawab: kemudian ia akan dibangun dengan yang lebih bagus darinya. Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu.

  • Bangunan Tinggi Melebihi Gunung

“Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu. (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Arzaqi)

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga gunung-gunung hilang dari tempatnya dan kalian melihat perkara besar yang belum kalian lihat” (HR.Thabrani).

Pada zaman dahulu, ketika nabi masih menduduki kota Mekkah kondisi kotanya begitu tandus dan tidak ada bangunan-bangunan yang menjulang tinggi.

Namun dengan perkembangan teknologi kondisi Mekkah saman dulu dan sekarang sangat jauh beda. Bangunan-bangunan tinggi muncul dan tegak kokoh.

  • Bayangan Ka’bah Tidak Lagi Tampak

Rasulullah SAW mengatakan bahwa ketika suatu hari nanti akan ada waktu dimana bayangan Ka’bah tak nampak lagi. Hal ini dikarenakan adanya bangunan tinggi yang bayangannya menutupi Ka’bah.

Para ulama pun menyebutkan bahwa hal ini sudah terjadi dan terjadinya kiamat sudah semakin dekat.

Mungkin sekian ulasan mengenai Tanda-tanda Kiamat  dari saya, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Selain itu admin berharap semoga pembaca lebih sadar dan bisa memperbaiki diri. Jangan lupa baca terus artikel-artikel terbaru dari kami. Salam saudara, Wassallamu’alaimum warahmatullahi wabarakatuhu!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: