Mengenal Lebih Dalam Tentang Sumber Daya Alam di Indonesia Lengkap

Kembali lagi di silanesia.com, kali ini admin mau bahas masalah yang erat kaitannya dengan anak-anak sekolah gan. Yang mau admin bahas kali ini yaitu tentang “Sumber Daya Alam“. Mungkin sebagian dari agan-agan banyak yang sudah tidak asing lagi dengan kata tadi.

Tapi, mungkin ada juga yang masih bingung tentang “Sumber Daya Alam”. Baik pengertian, jenis, fungsi, potensi dan juga pengelolaannya. Karena itu jangan khawatir kali ini admin akan bahas permasalahannya secara lengkap.

Kalau biasanya pelajaran ini dibahas di sekolah atau tempat-tempat kursus, lain halnya dengan ini yang berusaha penulis buat di websie. Selain untuk memberikan sedikit pengetahuan penulis juga berharap dengan artikel edukasi ini bisa membuat para pembaca dan agan-agan sekalian bisa mengambil manfaat yang terkandung di dalamnya.

Baik gan, selamat membaca!

Pengertian Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam
Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA) adalah setiap yang berasal dari bumi atau alam dan dapat di manfaatkan oleh manusia. Yang termasuk ke dalam sumber daya alam yaitu seperti hewan, tumbuhan, mikro organisme, dal lainnya. Letak atau asal sumber daya alam sendiri bisa di air, tanah, udara, dan lain-lain.

Pemanfaatan hasil bumi dalam dalam kehidupan manusia adalah sebagai kebutuhan makan, minum, dan pelengkap kehidupan. Sumber daya yang menjadi inti dalam kehidupan manusia adalah matahari, angin, dam air. Hasil bumi sendiri memiliki berbagai pengertian yang berbeda. Tapi, yang lebih signifikan dalam pengertiannya penjelasan ini.

Selain itu, hasil bumi juga di artikan sebagai kekayaan alam yang bermanfaat bagi manusia baik biotik maupun abiotik. Saat ini, pemanfaatan sumber daya alam sangatlah banyak. Semua ini berdasarkan adanya.

Pada dasarnya, sifat yang beraneka di miliki oleh alam ini sehingga muncul keseimbangan ekosistem. Karena itulah penting sekali adanya perawatan alam ini se maksimal mungkin. Tujuannya tidak lain hanya untuk melestarikan sumberdaya alam supaya ekosistem hewan, tumbuhan dan sumber daya alam lainnya tetap terjaga.

Sebelum lanjut ke tahap yang lebih lanjut ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu masalah kebutuhan manusia. Karena berhubungan dengan penggunaan sumber daya alam nantinya.

Secara garis besar, kebutuhan manusia ada dua yaitu:

  • Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang paling inti dalam kehidupan manusia seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan udara. Jika di dalam peribahasa yaitu sandang, pangan, dan papan.

  • Kebutuhan Primer

Kebutuhan ini adalah hal yang menjadi pelengkap dalam kehidupan manusia. Yang menjadi contoh adalah kesenangan, kendaraan, ilmu, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengertian dmokrasi

Jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Setelah admin membahas masalah pengertiannya, kali ini pindah pembahasan. Tapi masih erat kaitannya dengan sumber daya alam. Yang di bahas kali ini adalah mengenai Jenis dan cara memanfaatkan sumber daya alam.

Komponen inti dalam hasil bumi itu ada dua di antaranya hasil bumi Biotik dan sumber daya alam Abiotik. Berikut penjelasannya:

  • Biotik

Adalah yang bernyawa atau hidup seperti hewan, manusia, atau pun mikro organisme.

  • Abiotik

Adalah yang terdiri dari benda-benda mati atau tidak hidup. Seperti contoh air, api, matahari, angin, tanah, dan lain-lain.

Kedua hasil bumi tersebut tersebar di seluruh belahan dunia dan bebas di manfaatkan oleh manusia. Hanya saja penggunaan untuk di manfaatkan harus tertata dan jangan berlebihan. Karena jika penggunaan hasil bumi secara berlebihan akan mengakibatkan rusaknya ekosistem alam.

Di dalam penjelasan masalah jenis dan manfaat hasil bumi di sini saya mengelompokkan dasar nya menjadi 5 poin. Di antara ke-5 poin tersebut yaitu:

  • Berdasarkan sifat
  • Berdasarkan jenis
  • Berdasarkan pembentukan
  • Berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomis
  • Berdasarkan Lokasi

Berikut ulasan lengkapnya:

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat

Sumber daya alam yang berdasarkan akan sifatnya yaitu penerangan tentang keadaan hasil bumi itu sendiri. Di dalam hal ini terdapat sedikitnya dua poin penting yang akan menjadi pembahasan pokok.

Di dalam pembahasan masalah sifat ini cenderung pada pembahasan yang menjurus terhadap keadaan dan bentuknya. Di dalam pengelompokan secara sifat lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Sumber Daya Alam yang Dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
http://www.majalahbatu.com

Sumber daya ini adalah sumber daya yang volume atau jumlahnya di alam akan selalu ada dan tersedia. Karena sumber alam ini akan selalu memperbaharui dirinya sendiri atau dengan pembaharuan yang di lakukan manusia.

Yang menjadi contoh sebagai hasil bumi yang dapat diperbaharui yaitu berupa hewan, udara, tumbuhan, air, sinar matahari, dan mikro organisme. Namun walau sumber daya alam ini dapat diperbaharui ada kalanya semua ini akan hilang.

Yang menjadi penyebab hilangnya sumber daya alam ini yaitu karena penggunaan yang berlebih, pencemaran, dan keserakahan manusia.

Untuk bisa memperbaharui sumber daya alam ini kita harus melakukan dua hal yaitu:

1. Melalui proses reproduksi

Dengan adanya proses reproduksi atau produksi ulang maka akan membuat sumber daya alam lebih lestari dan terjaga. Hanya saja, hal ini hanya bisa di lakukan terhadap tumbuhan dan hewan saja.

2. Melalui proses sirkulasi

Proses ini berfungsi sebagai penyaluran sumber daya alam seperti air, udara, tanah, dan lain-lain secara tertata dengan rapi.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat diperbaharui

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat diperbaharui
https://andryanwikra.files.wordpress.com

Selanjutnya adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Beda dengan yang tadi, kali ini sumber daya alam yang jumlahnya di bumi sangat terbatas dan suatu hari nanti pasti akan habis. Hal ini, di sebabkan karena proses pembentukan sumber daya ini harus dalam jangka waktu lama.

Sedangkan penggunaan dalam kehidupan sangatlah banyak, sehingga menimbulkan ketidak seimbangan jumlah. Ketidak seimbangan ini berupa hasil dan penggunaan. Karena itulah sumber daya alam ini di sebut sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya yang termasuk ke dalam kategori tidak dapat diperbaharui di antaranya yaitu:

  • Bahan galian magmatik
  • Bahan galian pematit
  • Bahan galian hidrotermal
  • Bahan galian yang terjadi karena hasil pengendapan
  • Bahan galian yang terjadi sebagai hasil metamorfose kontak
  • Bahan galian hasil pengayaan sekunder

Sedangkan jika di lihat dari pemakaiannya hanya terbagi dua poin saja, di antaranya yaitu:

  • Hasil bumi yang cepat habis, Hal ini di sebabkan oleh penggunaannya dalam kehidupan manusia di Bumi relatif besar. Sedangkan proses pembentukan nya seperti yang di katakan tadi, yaitu lambat. Seperti contoh minyak bumi, batu bara, dan masih banyak lagi.
  • Hasil bumi yang tidak cepat habis, Hal ini di sebabkan karena penggunaannya dalam kehidupan manusia relatif rendah. Sehingga memungkinkan sumber daya ini untuk bertahan lumayan lama di bumi. Seperti contoh logam mulia, intan, dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Selain itu, ada pula pengelompokan jenis hasil bumi berdasarkan jenis sumber daya alam itu sendiri. Sebagaimana ayang kita ketahui, kelompok sumber daya alam berdasarkan jenis ada dua poin, Yaitu sumber daya alam biotik dan abiotik.

Apa sih yang dinamakan biotik? Dan apa yang dinamakan Abiotik. Penjelasan untuk dua poin ini lumayan panjang, jadi saya akan menjelaskan nya dengan menggunakan beberapa poin yang terdapat pada kedua poin besar tersebut.

Berikut penjelasannya:

Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Poin yang pertama yaitu Sumber daya alam hayati atau sumber daya yang berasal dari hewan atau pun tumbuhan. Tentunya semua ini berhubungan dengan kebutuhan manusia di Bumi.

Dalam hal ini juga terdapat dua poin yaitu:

  1. Hewani

Hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan atau binatang. Seperti contoh telur, daging, ikan, dan masih banyak lagi. Yang menjadi pokok adalah segala sesuatu yang berasal dari hewan atau binatang dan bisa di manfaatkan oleh manusia.

Sumber Daya Alam Hewani
http://brilio.net

2. Nabati

Kata nabati tentunya tidaklah asing di telinga agan sekalian. jika di katakan sumber daya alam nabati otomatis akan terbayang sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan. Dengan kata lain setiap hasil dari tumbuhan yang menunjang terhadap kehidupan manusia.

Selain itu, sumber daya alam nabati juga memiliki beragam manfaat seperti:

  • Bahan pangan
  • Bahan bangunan
  • Bahan bakar
  • Obat-obatan
  • Pupuk organik
  • Dekorasi
Sumber Daya Alam Nabati
http://i782.photobucket.com

Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)

Selanjutnya sumber daya alam non hayati atau dengan kata lain hasil bumi abiotik. Sumber daya ini adalah berbagai jenis sumber daya yang berbentuk benda-benda mati.

Seperti contoh yaitu:

  • Tanah
  • Air
  • Udara
  • Sinar matahari
  • Hasil tambang

Dari ke semua hasil bumi di atas kita bisa menyimpulkan bahwa yang dinamakan sumber daya alam yang di abiotik adalah setiap sumber daya yang jumlahnya akan tetap ada, tapi lebih cenderung ke tercemar dan rusak.

Sumber Daya Alam Non Hayati
Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukan

Selanjutnya pengelompokan dalam segi pemanfaatan sumber daya alam itu sendiri. Dalam hal ini terdapat empat poin yang harus di bahas.

Di antaranya yaitu:

  • Materi, Yaitu hasil bumi yang berupa benda-benda mati yang bisa di dapatkan secara langsung di alam bebas
  • Energi, yaitu hasil bumi yang dapat menghasilkan energi untuk kehidupan manusia
  • Ruang, Yaitu hasil bumi yang berupa ruang atau tempat. Sumber daya alam jenis ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, relief, maupun topografi nya.
  • Waktu. Yaitu hasil bumi yang pembuktian nya terikat dengan adanya¬† waktu. Seperti contoh terjadinya musim.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Ekonominya

Sumber daya alam jenis ini adalah sumber daya alam yang memiliki nilai jual dan tidak. Dalam hal ini ada dua poin yaitu:

  • Ekonomis,¬†Yaitu hasil bumi yang memiliki nilai ekonomi dalam kehidupan. Atau dengan kata lain sumber daya yang bisa menghasilkan uang. Sumber daya jenis ini sangat banyak sekali dicari dan digunakan oleh manusia, hanya saja keserakahan manusia merusak sumber daya ini. Seperti contoh emas, minyak bumi, batu bara, timah, biji besi, dan masih banyak lagi.
  • Non Ekonomis, Yaitu hasil bumi yang tidak memiliki daya jual di pasaran, tapi dalam kehidupan manusia sangatlah berperan penting. Contohnya seperti matahari, udara, dan air. Pada dasarnya tidaklah perlu membeli untuk bisa menggunakan hasil bumi ini. Tapi, bagi orang yang malas biasanya membeli sumber daya ini.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasi

Sumber daya ini adalah segala hasil alam yang berhubungan dengan letak atau lokasi. Dalam hal ini ada dua poin yaitu:

  • Akuatik, yaitu sumber daya ini adalah yang hanya bisa di temukan di perairan baik perairan tawar, payau, atau pun asin. Seperti contoh ikan, kepiting, udang, dan masih banyak lagi.
  • Tersial, Yaitu hasil bumi yang berada di daratan. Sumber daya ini sangatlah sering kita temui karena berada di sekitar kita. Contohnya seperti hasil hutan, pertanian, hewan, dan masih banyak lagi.

Itulah kelima poin yang menjadi jenis sumber daya alam. Selebihnya masih banyak pembahasan yang lebih lengkap dan lebih jelas. Selanjutnya kita akan membahas tentang Potensi dari sumber daya alam.

Potensi Sumber Daya Alam

Di dunia ini sangat banyak potensi alam yang bisa di manfaatkan dan juga menjadi salah satu penunjang kehidupan manusia. Keselarasan dalam penggunaan hasil bumi tergantung pengolahan dan tingkat kesadaran manusia itu sendiri. Semakin manusia sadar akan kebutuhannya nanti maka pemanfaatan hasil bumi akan tertata dan jumlahnya akan terjaga, begitu pula sebaliknya.

Saling banyaknya hasil bumi yang di hasilkan di bumi ini sampai-sampai membuat banyak orang tidak sadar akan dampak yang mereka lakukan. Selain itu, ada pula orang yang berusaha untuk melestarikan sumber daya alam, namun di hiraukan banyak orang.

Potensi yang bisa di dapatkan di seluruh dunia di jika di kerucutkan lagi terdapat kurang lebih tiga poin yaitu potensi sumber daya air, darat, dan bagian dalam bumi. Selebihnya, kita bisa menyimpulkan sumber daya apa sajakah yang di hasilkan dan menjadi potensi dari ke-3 poin tadi.

Sumber Daya Alam Indonesia

Di dalam sumber daya alam tidak henti-hentinya memunculkan masalah dan perselisihan. Tentunya permasalahan ini muncul karena adanya keserakahan manusia atas potensi alam yang ada di Dunia. Seperti halnya di Indonesia, terdapat banyak sekali potensi sumber daya yang ada. Hanya saja kekayaan indonesia ini menjadi target empuk para jutawan dunia.

Karena itu, jangan aneh kalau perusahaan yang mengambil hasil bumi Indonesia pemiliknya bukan orang Indonesia. Dia antara yang menjadi target empuk para Jutawan dunia yaitu:

Hutan

Hutan
Pixabay.com

Dengan banyaknya ketersediaan hutan hijau di indonesia, ini bisa dikategorikan sebagai sumber daya alam indonesia yang lumayan besar. Sampai-sampai dulu Indonesia pernah menjadi salah satu tempat terpenting di Dunia, yaitu sebagai Jantung bumi.

Hampir 50% kebutuhan yang menunjang kehidupan manusia berasal dari hutan. Selain itu obat obatan, sumber penyuplay oksigen dunia, dan masih banyak lagi.

Tapi dengan pertumbuhan masyarakat yang lumayan banyak serta adanya pembukaan lahan untuk pemukiman secara besar besaran semakin mengurangi Sumber daya hutan Indonesia.

Selain itu, adanya manusia-manusia serakah yang melakukan perusakan hutan menyebabkan rusaknya ekosistem hutan yang asli. Akibat yang di timbulkan tidak hanya kerusakan hutan saja, tapi hewan-hewan pun ikut terancam populasi nya.

Minyak Bumi

Minyak Bumi
http://materikimia.com

Selanjutnya sumber daya yang di hasilkan dari dalam perut bumi, yaitu minyak bumi. Sumber daya ini sama halnya seperti hutan, memiliki seribu fungsi dalam kehidupan manusia. Hal ini patut kita syukuri, karena Indonesia termasuk negara yang terdapat banyak minyak bumi, walaupun hasilnya tidak bisa kita nikmati sendiri.

Saat ini, potensi minyak bumi di Indonesia terus mengalami penurunan yang drastis, karena hasil minyak bumi Indonesia diperuntukkan kebutuhan Dunia.

Kegunaan minyak bumi bisa kita lihat tidak hanya pada orang-orang tertentu saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita akrab. Seperti contoh penggunaan minyak bumi pada kendaraan bermotor. Selain itu ada juga sumber listrik yang menggunakan minyak bumi.

Batu Bara

Batu Bara
Piaxbay.com

Batu bara adalah bahan bakar padat yang berasal dari perut bumi. Untuk bisa memperoleh batu bara harus melalui proses penambangan terlebih dahulu. Menurut penelitian, batu bara berasal dari pohon-pohon yang tertimbun jutaan tahun lalu.

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki penghasilan batu bara lumayan banyak. Hal ini terbukti dari banyaknya tempat pertambangan batu bara di Indonesia. Tapi walaupun di Indonesia terdapat banyak sekali batu bara, penggunaannya sedikit kebanyakan hasilnya di ekspor.

Gas Alam

Gas Alam
pixabay.com

Selanjutnya adalah gas alam, gas alam adalah sumber daya yang tak kasat mata. Sumber daya ini banyak di gunakan dalam kehidupan manusia baik rumahtangga, perusahaan, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 2,8 triliun meter kubik cadangan gas. Hal ini hanya bisa memenuhi 1,5% kebutuhan gas dunia, tapi jumlah ini termasuk jumlah yang lumayan banyak

Selain itu, banyak juga negara yang memiliki kekayaan gas alam lebih banyak dari Indonesia. Seperti Qatar, Iran, dan Rusia.

Hasil Laut

Hasil Laut
http://news.kkp.go.id

Hasil laut adalah sumber daya yang paling banyak di miliki Indonesia. Pasalnya banyak sekali nelayan-nelayan asing yang tertangkap tengah menangkap ikan di perairan Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah.

Selain itu, hampir 2/3 kawasan Indonesia terdiri dari lautan saja. Selain dari ikan laut nya, kekayaan biota laut juga sangat banyak di miliki Indonesia. Karena itu patut kita bersyukur atas kekayaan yang kita miliki dengan memanfaatkan nya sebaik mungkin.

Pengelolaan Sumber Daya Alam

Pengelolaan Sumber daya alam
Pengelolaan Sumber daya alam

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengelola hasil bumi supaya lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia. Yang paling penting dalam hal ini adalah penggunaan yang teratur dan penjagaan kelestarian sumberdaya alam.

Karena itu pemerintah melakukan berbagai cara untuk bisa memanfaatkan sumber daya alam sebaik mungkin dengan penggunaan yang tidak merusak keaslian alam itu sendiri.

Tidak hanya itu, selaku warga Dunia yang baik, sudah seharusnya kita juga menjaga dan melestarikan sumber daya alam di bumi ini.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam pembahasan mengenai “sumber daya alam”. Semoga, anda yang tengah haus akan ilmu bisa mengambil manfaat dan gambaran lebih luas tentang pembahasan nya. Terima kasih banyak telah mampir di website kami, semoga bermanfaat dan sukses terus.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: