Pidato Tentang Pendidikan Lengkap dengan Contohnya

Pidato Tentang Pendidikan  – Halo teman-teman, gimana kabarnya nih, pada sehat semua bukan? Udah lama nggak update jadi kangen sama teman-teman. Ketemu lagi nih sama saya di silanesia.com, portal penuh inspirasi, ilmu pengetahuan, dan motivasi masa kini.

Di artikel kali ini admin mau update tentang salah satu hal yang sangat erat kaitannya dengan dunnia Pendidikan. Terlebih untuk kalian yang menjadi aktifis public speaking, ilmu dan contoh pada artikel ini pasti sangat kalian butuhkan. Beriut ulasan lengkap mengenai pidato tentang pendidikan dan aspek yang terkandung didalamnya.

Apa itu Pidato?

Bagi kamu yang masih pemula pasti bingung dan mungkin tidak tahu apa itu yang disebut Pidato. Padahal hal ini sangatlah penting untuk kalian ketahui sebelum terjun lebih jauh mengkaji tentang pidato ini.

Mengapa begitu? Karena jika kamu mengetahui lebih dalam mengenai pidato, kamu bisa mengajarkannya kepada orang lain dengan baik.

Pidato adalah sebuah kegiatan yang didalamnya terdapat satu orang atau lebih berorasi di depan orang banyak dalam rangka mengemukakan pendapat dirinya atau mengatakan tentang gambaran suatu hal.

Selain itu, pidato juga bisa dibilang sebagai suatu tindakan yang didalamnya mengemukakan hal yang perlu diketahui oleh orang banyak. Jadi setiap orang yang mengumumkan suatu hal di khalayak umum itu juga bisa disebut berpidato.

Biasanya pidato ini lebih cenderung pada kegiatan-kegiatan yang resmi atau kegiatan yang biasa dilakukan secara rutin. Namun ada juga pidato yang dilakukan tidak secara resmi dan muncul secara tidak terduga.

Namun karena disini admin akan bahas tentang pidato pendidikan maka apa yang diutarakan saat pidato selalu berkaitan dengan pendidikan.

Untuk pengertiannya hampir sama hanya ada tambahan pendidikan dalam penerapannya.

Fungsi Pidato

Pidato yang biasa kita dengar tidak semata-mata diperdengarkan begitu saja, tentu memiliki kegunaan atu fungsi tersendiri. Karena untuk memperlihatkan bahwa hal ini berguna danbaik untuk disampaikan. Berikut beberappa fungsi yang berada dalam kegiatan pidato:

  • Bisa membuat sebuah jalinan solial yang erat antara pembicara dan pendengar atas apa dibicarakan
  • Menciptakan suasana yang tertib dan kondusif karena yang berbicara pada proses tersebut hanya satu atau beberapa orang saja
  • Mempermudah trjalinnya komuniksai antara atasan dengan bawahannya
  • Mempermudah terjadinya proses komunikasi

Setidaknya, tiga fungsi diatas pasti kita temui dari adanya pidato yang dilakukan. Apalagi jika pidato tentang pendidikan. Pasti jalinan antara guru dengan siswanya akan begitu harmonis jika fungsi pidato ini bisa diaplikasikan dengan baik.

Selebihnya, masih banyak manfaata atau fungsi dari pidato yang sering kita temui saat mengikuti sebuah acara yang berbasis pidato.

Namun, untuk bisa tercapainya manfaat dari pidato, tidak lepas dari hadirnya kesiapan sebelum berpidato. Selain itu suasana juga mempengaruhi pidato tersebut.

Unsur-unsur yang Harus ada dalam Pidato

Tebentuknya sebuah pidato dengan adanya persiapan yang matang tentunya tidak lepas dari adanya unsur-unsur yang terkandung. Karena, jika sebuah pidato berjalan tanpa ada aturannya maka akan terlihat acak-acakan dan tidak beraturan.

Setidaknya ada sekitar 6 unsur yang tidak boleh ilang dalam pidato, yaitu:

  • Salam pembuka, yaitu sebuah ucapan pembuka yang diucapkan untuk mengawali sebuah pidato
  • Sapaan, yaitu perkataan yang diutarakan setelah pidato dibuka dengan salam tadi dengan tujuan menyapa para pendengar
  • Puji syukur, Unsur pidato ini merupakan tanda syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa dengan memujinya sebelum kita melanjutkan isi yang akan diutarakan dalam pidato tersebut
  • Isi pidato, yaitu pokok bahasan yang akan dikemukakan dalam acara pidato tersebut
  • Penutup pidato, yaitu kata-kata yang diucapkan untuk menutup pidato yang telah dipaparkan, bisa berupa kata-kata motivasi, pesan, ataupun kesimpulan atau inti bahasan tersebut
  • Salam penutup, yaitu bagian akhir dari pidato yang didalamnya mengucapkan salam untuk menutup pertemuan tersebut

Jika unsur-unsur diatas bisa terpenuhi maha kemungkinan besar pidato yang kita lakukan akan bisa berjalan secara normal tanpa ada gangguan sedikitpun.

Berikut 5+ Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Sebagai contoh penulis akan memberikan 10 pidato yang bisa anda tiru. Kesepuluh contoh pidato di bawah memiliki tema dan judul yang berbeda. Oleh karena itu, diharapkan Anda bisa membuat pidato sendiri setelah melihat dan membaca contoh pidato di bawah ini. Berikut contoh-contohnya:

Contoh Pidato Tentang Pendidikan: Mengapa Kita Harus Menuntut Ilmu?

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Saya hormati Mentri Pendidikan Kabupaten Bandung, yang pada hari ini bisa hadir bersama kita.

Yang Saya hormati Para Rombongan dari Kantor Kabupaten.

Yang Saya hormati Para Rengrengan Pengajar dan Kepala Sekolah SMA 1 Bandung.

Serta Para Siswa Siswi yang Saya cintai dan yang Saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita bersama-sama memanjatkan puja, puji, beserta syukur kita ke hadirat Allah Swt yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul di tempat ini. Tak lupa, Sholawat dan salamnya Allah semoga selalu tercurah limpah kepada Nabi kita semua yakni Nabi Muhammad SAW.

Isi

Hadirin sekalian, sebagaimana kita tahu bahwa sesungguhnya di zaman sekarang, yang dinamakan dengan teknologi atau ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat. Oleh karena itu, kita harus bisa mengimbangi perkembangan yang terjadi agar kita bisa bertahan hidup.

Tidak ada lagi jalan yang bisa kita tempuh untuk bisa mengimbanginya kecuali dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Seperti misal, adanya media sosial yang memiliki power tinggi di dunia Informasi. Kita akan tertinggal informasi jika kita tidak tahu ilmu tentang media sosial.

Kemudian, hal buruk lainnya yang bisa timbul karena kurangnya ilmu pengetahuan dalam media sosial ini. Kita bisa terjerumus pada hal-hal yang tidak sesuai dengan koridor peraturan yang seharusnya.

Oleh karena itu para hadirin sekalian, sangat diperlukan adanya ilmu pengetahuan dan dengan “menuntut ilmulah” ilmu pengetahuan tersebut bisa kita dapatkan.

Sebagai contoh lagi, ketika kita ingin menjadi seorang pengusaha sukses maka menuntut  ilmulah.

Kalau kita ingin menjadi orang seorang polisi, maka menuntut ilmulah.

Kalau kita ingin menjadi pilot, maka menuntut ilmulah.

Menuntut ilmu, menuntut ilmu, dan menuntut ilmu. Ini adalah jalan yang wajib kita lakukan di masa sekarang agar bisa menyesuaikan diri, mempertahankan hak pribadi, dan memperjuangkan aturan-aturan yang seharusnya berdiri.

Selain itu, kata harus menuntut ilmu jangan hanya kita gunakan sendiri saja. Ajak orang lain untuk bersama-sama menuntut ilmu, saudara, dan bahkan jadikan anak-anak kita nanti sebagai orang yang wajib menuntut ilmu.

Dengan ilmu kita bisa menjadi tahu, dengan ilmu kita tidak ragu, dengan ilmu kita bisa saling membantu, dan dengan ilmu kita menemukan apa yang seharusnya kita tuju.

Penutup

Mungkin pidato singkat ini cukup sekian, kesimpulannya bahwa:

Kita harus menuntut ilmu agar bisa menyesuaikan diri dengan masa yang akan datang. Karena, masa yang akan datang tidak akan sama dengan masa yang berjalan sekarang. Kadang lebih baik, kadang lebih buruk, dan kadan juga bisa hancur.

Pesan saya, jangan sampai kita menyia-nyiakan waktu hidup ini dengan melakukan hal yang tidak berguna. Menuntut ilmulah, maka insyaallah hidup kita akan selalu berkah.

Sekian dari saya mohon maaf atas segala kesalahannya.

Wassallamu’alaikum Wr, Wb.

 

Contoh Pidato Tentang Pendidikan: Mendidik Anak Untuk Masa Depan Dunia

Assallamu’alaikum Wr, Wb.Puji syukur masri kita selalu haturkan kepada Allah Swt Yang telah mengizinkan kita untuk hadir di tempat yang mulia ini.

Sholawat dan salamnya Allah semoga selalu tercurah limpah kepada kekasih kita. Orang mulia yang sangat berjasa. Yang membawa kita dari kegelapan menuju cahaya. Yakni habibana wanabiyana Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, tentu kita tahu yang namanya negara, derah, kampung, dan tempat lainnya tidak akan bisa dibangun tanpa adanya pemimpin. Dengan adanya pemimpin daerah sebesar apapun akan bisa kokoh dengan syarat pemimpinnya bisa.

Hadirin saya mau tanya? Maukah kitadipimpin oleh orang-orang bodoh? Maukah kita dipimpin oleh orang serakah? Maukah kita dipimpin oleh orang dzolim? Tentu tidak bukan?

Hari ini pemimpin-pemimpin kita sudah tidak muda lagi, kita sebagai pemimpin keluarga sudah tidak muda lagi. Lantas siapa yang akan menggantikan dan menjalankan sistem kepemimpinan kita? Tidak lain dan tidak bukan mereka adalah anak cucu kita.

Yang akan memimpin esok adalah mereka yang saat ini berkuliah,

Yang akan memimpin esok adalah mereka yang saat ini sedang bersekolah,

Yang akan memimpin esok adalah mereka yang saat ini bermain-main tanah

Yang akan memimpin esok adalah mereka yang saat ini masih digendong-gendong ayah

Hadirin, pernyataan ini telah disampaikan oleh kekasihkita Rasulullah SAW 1400 tahun lalu bahwa pemuda masa kini adalah pemimpin di masa yang akan datang.

Jika mereka yang menjadi pemimpin di masa yang akan datang, maka segala sesuatu yang terjadi bergantung pada kepribadian mereka. Jika mereka rusak maka hancur pula kehidupan masa depan. Jika mereka baik, maka tidak akan ada hasil buruk dari kebaikan.

Namun,akankah mereka yang saat ini sedang berkuliah, bersekolah, main-main tanah, dan mereka yang digendong ayah mampu memimpin di masanya? Kalau tidak, akan seperti apa waktu esok? Kalau bisa akankah sebaik saat ini.

Ketahuilah hadirin, adanya pemimpin atau pelopor masa depan tak lepas dari pendidikan mereka saat ini. Bagaimana kita mendidiknya begitu pula mereka hasilnya. Jika kita mendidiknya tidak bagus, maka tidak akan mendapatkan masa depan yang bagus. Jika kita mendidiknya bagus, maka sangat jauh hasil yang didapat jelek.

Oleh karena itu, mari kita didik anak-anak kita sebaik mungkin supaya di hari esok mereka bisa memimpin diri mereka, keluarga, daerah bahkan negri ini menjadi lebih baik.

Jangan sampai kita biarkan mereka bebas semaunya mereka, jangan sampai kita biarkan mereka berjalan tanpa arah tujuan.

Ayo kita perketat pendidikan mereka. Masukan mereka ke sekolah-sekolah, masukkan mereka ke kampus-kampus, masukkan mereka ke tempat-tempat kursus, dan yang paling penting mari kita masukkan mereka ke pesantren-pesantren.

Mungkin pidato ini cukup saya simpulkan bahwa

Jangan sampai kita membiarkan kehidupan di masa yang akan datang rusak karena salahnya kita dalam mendidik anak cucu kita, jangan sampai kita membiarkan anak cucu kita hidup tanpa didikan yang baik.

Mari kita gemakan wajibnya berpendidikan, wajibnya belajar, dan wajibnya menjadi orang baik.

Mungkin sekian dari saya. Wassallamu’alaikim Wr, Wb.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Assallamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuhu

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua.

Melalui pendidikan, perbaikan demi perbaikan terhadap moral, mental, dan juga kesejahteraan hidup bisa kita dapatkan. Karena itu, saya tak henti-hentinya mengajak teman-temas semua untuk selalu menyorakkan pentingnya menuntuk ilmu dan berpendidikan.

Namun, pendidikan yang harus kita jalani untuk menggapai semua yang kita harapkan tidaklah sebentar. Membutuhkan waktu yang sangat lama dan mewajibkan kita untuk selalu bersabar dalam menjalaninya. Disamping itu, kesabaran juga harus kita latih dalam menjalani masa-masa pendidikan.

Kemudian, dalam pendidikan kita juga harus bersabar atas ilmu atau pengarahan yang sulit kita mengerti. Namun dibalik semua kesulitan saat kita menjalani pendidikan pasti ada kebahagiaan dan keindahan yang akan kita rasakan.

Selain itu, perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan juga zaman yang semakin maju selalu menuntut kita agar selalu berilmu. Dengan ilmu kita akan bisa menjalani hidup dengan baik karena ilmu tentang kehidupan modern telah kita kuasai.

Mengapa kita harus selalu menyorakkan, menggemakan, dan mengajak orang-orang supaya belajar? Karena masa depan kehidupan negara ini mereka yang memegangnya. Jika mereka rusak siapa yang akan memimpin, jika mereka bodoh siapa yang akan bersaing, jika mereka tidak berpendidikan siapa yang akan menjadi pelopor dan pahlawan si masa depan.

Selain itu ada suatu titik yang tak kalah harus kita perhatikan. Apa itu? Yakni tentang apa ilmu yang dipelajari. Jangan sampai kita salah dalam belajar, jangan sampai kita kecolongan sehingga ilmu yang masuk ke otak kita bukan ilmu yang baik melainkan ilmu yang bisa menghancurkan fikiran dan masa depan kita.

Mungkin untuk pidato kali ini cukup saya simpulkan

Jadi pendidikan itu sangatlah penting, jangan sampai kita melupakan pendidikan karena pendidikan sangat penting untuk kelangsungan dan kelancaran hidup kita di mas depan.

Sekian wassallamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuhu.

 

Contoh Pidato Tentang Pendidikan: Pentingnya Pemahaman Agama Islam

Assallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhuPuji syukur mari kita selalu panjatken ke hadirat Allah yang maha gofur, yang mana atas izinnyalah kita bisa berkumpul di tempat yang berkah ini. Tak lupa sholawat dan salamnya Allah semoga selalu tercurah limpah kepada habib tertinggi, baginda tercinta, orang termulya, yakni habibana wanabiyana Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia, tentu kita tahu bahwasanya yang dinamakan dengan Agama adalah benteng moral terbesar setiap bagi setiap insan.

Jika Agamanya bagus, maka bagus dan terpujilah orang itu karena moralnya bisa terjaga oleh agamanya. Namun jika sebaliknya, Agamanya jelek atau rusak maka tidaklah mungkin ia akan memiliki moral yang baik. Adapun jika ia memiliki moral yang baik tapi itu hanya kelihatannya saja. Aslinya, moral mereka sangat hina.

Oleh karena itu, saya menghimbau kepada teman teman, hadirin, dan juga para panitia sekalian untuk selalu memperbaiki Agama kita agar moral kehidupan kita selalu terjaga.

Dengan moral yang baik tak ada musuh bagi kita

Dengan moral yang baik maka siap yang berani  cari-cari masalah dengan kita

Dengan moral yang baik maka kita dicintai Allah ta’ala

Dengan moral yang baik keluarga cinta kita

Dengan moral yang baik masyarakat segan terhadap kita

Bahkan, dengan moral yang baik maka surgalah balasannya

Dengan ini, saya menyatakan bahwa sesungguhnya yang dinamakan dengan pendidikan akan Agama Islam sangatlah penting guna menjada moral kita.

Mari, kita sama-sama untuk selalu memperdalam ilmu-ilmu tentang Islam. Baik di majelis-majelis ta’lim, pengajian rutin, pesantren-pesantran, ataupun dengan bertanya langsung kepada ustadz-ustadz.

Karena , jika dilihat masyarakat di masa sekarang sudah salah dalam memahami Islam. Buaru-baru ini ada yang mengaku Islam tapi malah bunuh orang, ada yang ngaku Islam tapi malah mabuk-mabukan, bahkan ada yang ngaku Islam tapi malah bom tempat ibadah orang.

Dengan ini, saya menghimbau kepada hadirin sekalian untuk lebih memperdalam lagi tentang apa Islam yang sebenarnya. Ingat!!! Islam adalah Rohmatan lil ‘alamin, jangan sampai kita menodai islam dengan kebodohan yang kita pelihara.

Mungkin untuk pidato saat ini saya cukup simpulkan bahwa

Pendidikan secara mendalam mengenai Islam sangatlah penting. Karena jika kita salah dalam bertindak sedangkan kita beragama Islam maka kita akan merusak Islam itu sendiri.

Sekian Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Contoh Pidato Tentang Pendidikan: Fungsi Utama Seorang Pelajar

Assallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Segala puki bagi Allah, tuhan semesta alam dna patut kita bersyukur pada-Nya. Karena atas izin-Nya lah kita bisa bertemu untuk saling menasehati, saling berbagi, dan saling bersilaturrahmi.

Sholawat dan salamnya Allah takkan pernah mati kepada seseorang yang kita cintai sampai mati. Kekasih kita, pahlawan kita, dan media kita bisa mengenal-Nya. Yakni habibana wanabiyana Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, tahukah kita bagaimana seorang pelajar seharusnya hidup dan berpartisipasi di Dunia ini? Yang mana kita tahu bahwa pelajar adalah mereka yang memiliki kebiasaan belajar, berilmu tinggi, dan juga mereka-mereka yang memiliki pangkat tinggi.

Tapi, tahukah hadirin. Sesungguhnya ada beberapa hal yang menjadi sorotan paling tinggi dari seorang pelajar. Karna apa? Karena pelajar adalah orang yang seharusnya bertaggung jawab dalam berpartisipasi di masyarakat. Apa saja yang menjadi sorotannya?

  1. Pelajar sebagai benteng moral masyarakat

Masyarakat adalah mereka yang bisa disebut awam. Karena masyarakat rata-rata lebih mengambil contoh dari orang-orang terdidiK. Bukan mereka belajar dan mendidik diri mereka sendiri.

Karena itu, seorang pelajar bisa disebut sebagai benteng moral masyarakat. Selain itu, pelajar juga bisa disebut sebagai kitab masyarakat.

Jika pelajar berlaku ini maka masyarakat mencontohnya, jika pelajar melakukan itu maka masyarakat akan mencontohnya.

  1. Pelajar sebagai penerus ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan adalah hal terpenting yang bisa menuntun seseorang terhadap hal apapun. Jika tidak ada pelajar maka takkan ada orang yang meneruskan ilmu pendidikan. Karena masyarakat biasa memiliki pendidikan yang tidak terlalu tinggi.

  1. Pelajar sebagai penyeru terhadap kebenaran

Pelajar kita tahu mereka mempelajari tentang ilmu-ilmu yang baik. Yang mana kita selaku masyarakat biasa mengharap para pelajar ini untuk mengaplikasikan ilmu kebaikan tersebut. Otomatis ketika para pelajar mengaplikasikannya mereka akan menyerukan terhadap kebenaran.

  1. Pelajar adalah pelurus permasalahan

Ketika kita mempunyai masalah, maka kita akan membutuhkan orang-orang bijak untuk meluruskan masalah tersebut. Karena, jika kita masyarakat awam berusaha menyelesaikan masalah maka bukan selesai masalahnya malah lebih parah. Bahkan bisa lebih besar dan lebih bercabang.

Namun, jika kita meminta bantuan kepada para pelajar, karena mereka memiliki ilmunya dan mungkin mereka adalah orang-orang bijak. Maka masalah akan bisa diselesaikan dengan baik.

Mungkin pidato saat inicukup saya simpulkan bahwa

Pelajar memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat. Karena mereka menjadi orang-orang yang akan meneruskan, menjalankan, dan memperbaiki tatanan kehidupan di masa yang akan datang.

Sekianwassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Mungkin ulasan mengenai Pidato Tentang Pendidikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Jangan lupa baca terus artikel-artikel menarik dari kami dan jangan lupa juga share artikel ini jika menurut anda penting.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: