Macam-macam Bunga, Gambar dan Lengkap dengan Penjelasannya

Macam-Macam Bunga – Halo teman-teman, jumpa lagi nih di silanesia.com. Portal penuh inspirasi, motivasi dan ilmu pengetahuan masa kini. Kali ini admn mau bahas tentang tumbuhan nih, yaitu macam-macam bunga.

Yang suka bunga mana ayo acungkan tangannya? Di sini akan di muat gambar-gambar dan penjelasan bunga-bunga dari penjuru Dunia. Penasaran kan? Makanya baca terus sampai selesai ya.

Pengertian Bunga

Pasti teman-teman akan bertanya-tanya, emang bunga itu ada pengertiannya? Karena ini akan membahas lengkap seputar bunga maka admin katakan kalau bunga itu ada pengertiannya.

Bunga adalah sebuah alat pada tumbuhan yang di gunakan untuk menjalankan sistem reproduksi. Dengan kata lain, bunga adalah alat reproduksi seksual yang ada pada tumbuhan berbunga.

Untuk tanaman atau tumbuhan yang berbiji tertutup bagian yang menjadi organ atau alat reproduksinya yaitu benang sari dan putuk.

Ada dua jenis bunga yang biasa tumbuh di sekitar kita yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk.

Bunga tunggal adalah bunga yang bisa muncul secara tunggal atau tanpa ada yang lainnya. Sedangkan untuk bunga majemuk (inflorescence) adalah bunga yang hanya bisa muncul secara bersama-sama.

Misal bunga matahari adalah salah satu spesies bunga majemuk yang mana jika disebut sebagai bunga tunggal akan terbilang awam. Bagian bunga yang tersusun sehingga bisa menciptakan bunga majemuk adalah floret.

Selain itu bunga juga diartikan secara biotani, yakni sebuah bagian pada tumbuhan yang bisa menghasilkan biji. Semua hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi bunga terjadi di dalamnya.

Misal penyerbukan dan juga pembuahan terjadi secara langsung. Setelah terjadi pembuahan maka akan terjadi tahap selanjutnya yaitu pembentukan buah dalam bunga. Nantinya bagian buah akan menyelimuti bagian biji  setelah proses pembentukan buah selesai.

Bagian-bagian dalam Bunga

Bunga yang kita lihat saat ini bukanlah sebuah bagian yang satu, melainkan tersusun dari nenerapa bagian. Terbentuknya sebuah bunga yang sempurna terdiri dari beberapa bagian penting dalam bunga yaitu:

  • Bagian dasar bunga. Bagian dasar bunga adalah bagian bunga yang terletak pada bunga paling bawah. Bagian ini menjadi tempat untuk melekatnya mahkota bunga.
  • Kelopak bunga. Kelopak bunga adalah bagian yang berada pada bagian paling luar dari bunga. Bagian ini memiliki bentuk yang seperti kuncup dan menyelimuti mahkota bunga.
  • Bagian mahkota bunga. Yaitu bagian bunga yang memiliki banyak warna (warna-warni). Bagian ini bisa disebut sebagai bagian bunga yang paling indah dan menjadi penyebab indahnya bunga.
  • Bagian benang sari. Benang sari adalah bagian bunga yang berada di bagian dalam atau tengah-tengah mahkota bunga. Bagian ini berfungsi sebagai alat kelamin laki-laki dari bunga.
  • Bagian putik. Putik adalah bagian yang menjadi alat kelamin betina pada bunga. Biasanya putik ini berada pada antara benang sari. Di dalam putik ada bagian-bagian lain yang menjadi pelengkapnya yaitu kepala putik dan tangkai putik.

Macam-macam Bunga, Nama, dan Penjelasan Lengkap mengenai Bunga

Di dunia ini sangat banyak jenis atau macam bunga, bisa sampai ratusan bahkan sampai ribuan. Baik bunga yang berasal dari proses alam asli atau yang berasal dari proses pembuatan manusia.

Di bagian ini akan di muat mengenai nama-nama, macam-macam bunga dan aspek penting yang terkandung di dalamnya secara lengkap. Selain itu supaya teman-teman lebih mudah membedakannya admin juga menambahkan gambar bunganya.

Berikut macam-macam, nama, dan penjelasan lengkap mengenai bunga:

Bunga Magnolia

Macam-macam bunga

Bunga ini sangat di kenal banyak kalangan karena memiliki warna yang begitu indah dan juga memiliki aroma yang sangat harum. Umumnya, bunga ini memiliki warna putih yang cenderung murni.

Tapi tidak hanya memiliki warna putih saja, ada juga bunga mognolia yang memiliki warna kuning, ungu, merah muda, dan juga berbagai variasi warna ungu seperti lavender.

Secara lokal, bunga ini di kenal dengan nama bunga Taluma. Menurut kabar yang beredar, bunga ini telah ditemukan oleh seseorang yang bernama Piere Magnol di pulau Martinique.

Oleh karena itu, bunga ini biasa tersebar di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara. Dengan ini bisa dikatakan bahwa persebarannya tidak kontiniu.Namun untuk pusatpersebarannya terletak pada benua Amerika.

Bunga Zinnia

Macam-macam bunga

Selanjutnya adalah bunga zinnia (bunga kertas cantik). Biasanya bunga ini hanya akan tumbuh dalam waktu-waktu tertentu karena bunga ini adalah bunga musiman. Di seluruh Dunia ada sekitar 20 jenis bunga ini.

Bunga ini memiliki makna , maksud atau arti secara luasnya yaitu persahabatan dan perhatian. Biasanya tumbuhan bunga ini akan tumbuh di daerah-daerah yang tinggi dengan pertumbuhan mencapai 30 inci dan ukuran kepala sebesar 2 inci.

Untuk penyebarannya, bunga ini biasa di temukan di kawasan Amerika Selatan, Amerika tengah dan Daerah Meksiko.

Bunga Yarrow

Macam-macam bunga

Selanjutnya bunga Yarrow (Achillea millefolium), yaitu bunga yang memiliki bentuk seperti daun yang kecil-kecil. Dengan bentuk seperti ini, bunga Yarrow terlihat sangat lucu dan halus.

Selain itu, di Indonesia bunga ini juga di kenal dengan sebutan bubga Lantara. Biasanya, bunga ini akan tumbuh di daerah yang berada pada dekat hutan dan memiliki kekuatan yang bagus dari sengatan panas.

Seiring berjalannya waktu, yang membuat pertumbuhan teknologi semakin pesat bunga ini sangat berguna. Karenanya bunga ini digunakan sebagai obat herbal yang modern.

Bunga yarrow ini adalah bunga yang berasal dari spesies Astaraceae dengan penyebaran yang lumayan luas yaitu di daerah eropa.

Bunga Wisteria

Macam-macam bunga

Selanjutnya bunga wisteria, yaitu salah satu bunga yang termasuk ke dalam keluarga kacang polong (Fabaceae). Biasanya, tanaman ini tumbuh secara merambat dan melilit pada tiang-tiang.

Jika tanaman ini di lilitkan pada tiang, tanaman ini mampu melilit hingga ketinggian 20 meter lebih. Namun jika tanaman ini di biarkan merambat di permukaan tanah maka hanya sekitar 10 meter bisa merambatnya.

Jepang, Korea, China, dan Amerika Serikat bagian timur adalah daerah yang menjadi penyebaran utama dan ditemukannya tanaman ini.

Tanaman jenis ini memiliki racun di dalamnya karena terdapat saponin yang mana saponin ini biasa disebut wisterin.

Bunga Widuri

Macam-macam bunga

Kemudian Bunga Widuri (Calotropis gigantea), selain itu, bunga ini juga memiliki nama lain yaitu bunga Biduri. Besar bunga ini bisa mencapai 4 m karena bunga ini berupa tanaman perdu besar. Biasanya bunga ini memiliki warna ungu atau putih dengan memiliki bagian berlapis lilin.

Untuk daun dari bunga ini memiliki bentuk yang bulat agak panjang, jika di ibaratkan seperti bulat telur. Untuk warna daunnya memiliki warna yang begitu khas yaitu hiau pudar.Batang bunga ini biasanya akan mengeluarkan getah kental atau lateks yang berwarna putih.

Untuk penyebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah yang berada di Asia khususnya Asia Tenggara. Misal Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, China dan juga India.

Bunga Violet (Viola odorata)

Macam-macam bunga

Selanjutnya adalah bunga Violet, buna ini memiliki nama lain yang juga orang-orang sering menyebut dengan nama itu yaitu Viola. Sama dengan namanya, warna dari bunga ini juga berwarna Violet.

Di akalangan pecinta bunga, bunga ini sangatlah populer karena memiliki bau yang begitu harum. Selain itu, bunga ini juga populer di kalangan medis, khususnya medis herbal.

Sebab yang mengakibatkan bunga ini bisa begitu populer di kalangan medis karena bunga ini di percaya bisa mengobati penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Contohnya seperti batuk, ashma, sakit tenggorokan, bronkhitis, dan juga hidung tersumbat adalah penyakit yang biasa diobati dengan bunga ini.

Dalam segi kekuatan, tanaman bunga ini termasuk tanaman yang tahan atas serangan penyakit. Untuk penyebaran, bunga ini sering di temui di wilayah Asia, Eropa, dan juga telah menyebar ke daratan Amerika utara dan Australia.

Bunga Vinca

Macam-macam bunga

Selanjutnya adalah bunga Vinca, selain kata Vinca bunga ini juga dikenal dengan sebutan bunga Tapak Dara. Bunga ini sangat populer di kalangan pecinta bunga karena banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Selain itu bunga ini juga sering digunakan untuk obat herbal dari penyakit hodking atau kanker getah bening dan juga penyakit leukimia.

Awalnya, tanaman ini adalah tanaman perdu yang terpusat dan berasal dari Madagaskar Amerika Serikat. Namun seiring berjalannya waktu, tanaman ini semakin menyebar ke penjuru Dunia khususnya daerah-daerah tropika.

Bunga Tulip

Macam-macam bunga

Selanjutnya bunga tulip, yaitu jenis bunga yang termasuk ke dalam spesies genus tulipa, yang mana spesies tulip ini termasuk ke dalam keluarga Liliaceae.

Kata tulip untuk bunga ini berasal dari bahasa persia yaitu Tulipa yang berarti sorban. Bunga ini begitu banyak tersebar di seluruh dunia. Namun untuk jenis bunga yang lebih populer dan memiliki warna lebih baik lebih terkenal bunga Tulip Belanda.

Persebaran bunga Tulip biasa ditemukan di daerah asalnya yaitu Asia Tengah. Bunga ini bisa tumbuh mencapai tinggi 10.70 cm dan untuk bagian bunga memiliki sekitar 6 helai mahkota bunga.

Daun bunga ini berlilin dengan warna hijau kebiru-biruan dengan bentuk yang memanjang.

Bunga Teratai

Macam-macam bunga

Bunga teratai adalah bunga yang memiliki tempat pertumbuhan berbeda dengan bunga pada umumnya, yaitu biasa tumbuh dan berkembang di air. Bunga ini berasal dari suku Nymphaeaceae.

Bagian daun dari bunga ini mengapung di permukaan air dengan bunga di bagian tengahnya. Untuk bagian bawah daun dari bunga ini biasanya akan turun sampai bagian dasar kolam atau rawa-rawa.

Banyak orang yang tertarik untuk menanam tanaman ini di halaman rumah mereka dengan membuatkan kolam untuknya. Hal ini dikarenakan bunga ini adalah bunga yang tergolong unik.

Keunikan bunga ini bisa kita lihat di bagian tempat pertumbuhannya yang relatif kotor dan ber lumpur tapi memiliki bunga yang indah dengan warna yang menarik.

Bunga Snapdragon

Macam-macam bunga

Snapdragon adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki nama latin Antirrhinum Majus dan salah satu jenis tanaman kebun. Warna yang indah dan bentuk yang menarik menjadi daya tarik tersendiri ketika di tampilkan bunga ini saat mekar.

Namun keindahan bunga ini berbanding terbalik saat bunga ini mengalami mati dan layu, bentuknya akan berubah menjadi seperti tengkorak kepala manusia.

Karena inilah bunga Snapdragon ini merupakan salah satu bunga yang unik. Karena memiliki bentuk yang menyerupai kepala naga di Indonesia bunga ini sering di sebut sebagai bunga mulit naga.

Bunga Seruni

Macam-macam bunga

Bunga Seruni ini adalah bunga yang biasa ditanam di pekarangan rumah dan juga perkebunan. Selain nama Seruni, bunga ini juga sering dikenal dengan sebutan bunga Krisan (Chrysanthemum sp).

Bunga ini memiliki aroma yang begitu wangi dengan bentuk dan warna yang menarik. Bunga ini adalah bunga yang berstatus sama dengan bunga Sakura, yaitu sebagai bunga Nasional Jepang.

Di jepang, bunga ini biasanya di sebut dengan bunga kiku dengan alasan bunga yang begitu wangi.

Bunga Semanggi

Macam-macam bunga

Selanjutnya yaitu bunga semanggi, yaitu salah satu jenis bunga yang termasuk ke dalam spesies genus Marsilea L dan salah satu tanaman paku air. Bunga ini memiliki ciri yang begitu khas, yaitu entalnya memiliki bentuk seperti payung.

Ental ini tersusun dari beberapa bagian anak daun yang terdiri dari empat bagian. Tumbuhan yang memiliki daun hampir serupa dengan bunga ini biasanya di sebut bunga semanggi, karena nama ini juga disematkan untuk daun bunga ini.

Bunga ini sangat sering di temui di daerah-daerah perkampungan di Indonesia. Misalnya di darah pesawahan dan kawasan irigasi adalah tempat yang sering bunga ini tumbuh.

Bunga Sedap Malam

Macam-macam bunga

Di suku Asmat (Papua) ada satu jenis bunga yang memiliki nama bunga Sedap malam yang termasuk buga sedap abadi. Pada bagian akarnya bunga ini memiliki umbi atau tuber, oleh karena itu bunga ini ada istilah Tuberosa.

Dinamakan bunga sedap malam karena bunga ini biasa mekar hanya di malam hari saja. Terdapat sekitar 12 spesies yang berasal dari genius Polianthes.

Persebaran bunga ini berasal dari daerah Meksiko Amerika Serikat, namun kini telah menyebar ke panjuru Dunia.

Bunga Saffron

Macam-macam bunga

Selanjutnya adalah bunga safron, bunga ini juga tergolong unik. Selain warna dan bentuk bunganya yang menarik bunga safron juga merupakan bunga yang biasa digunakan sebagai rempah-rempah. Kemudian, bunga ini juga biasa di sebut dengan nama bunga kuma-kuma.

Bunga ini berasal dari keluarga Crocus sativus (bunga pacar) dengan marga Crocus famili Iridaceae. Umumnya, bunga ini memiliki kepala putik yang letaknya berada distal tepat pada daun buah.

Bagian bunga paling dalam yang terhubung dengan stigma adalah bagian yang sering disebut bagian tangkai putik.

Bunga Sakura

Macam-macam bunga

Seperti yang tadi dikatakan, bunga Sakura adalah salah satu jenis bunga yang termasuk bunga Nasional Jepang. Biasanya, bunga ini akan muncul menghiasi Jepang pada saat datangnya musim semi.

Umumnya, bunga ini biasa digolongkan pada subgenius sakura. Namun secara spesifiknya bunga sakura adalah bunga yang termasuk ke dalam keluarga aprikot, persik, genus prunus, dan roseceae.

Nama sakura berasal dari bahasa negara asalnya yaitu negara Jepang. Nama sakura terdiri dari dua kata yang di sambungkan yaitu “Saku” yang memiliki artian mekar dan kata “ra” dengan arti banyak. Jadi jika digabungkan bunga sakura adalah bunga yang mekarnya banyak.

Bunga Ranunculus

Macam-macam bunga

Selanjutnya yaitu bunga Ranunculus, yaitu bunga yang masih satu spesies dari 600 jenis Ranunculaceae. Selain nama Ranunculus bunga jenis ini juga sering disebut bunga spreadwort atau bunga buttercup. Bunga ini memiliki bentuk dan warna yang sangat menarik sehingga tak heran jika bunga ini banyak pencintanya.

Yang menjadi pemicu bunga ini terlihat begitu menarik yaitu karena variasi warnanya yang terlihat begitu mempesona. Dengan putik tengah yang berwarna kuning, kelopak yang berbentuk seperti mangkuk dan berwarna cerah adalah tampilan dari bunga ini.

Bunga Protea

Macam-macam bunga

Bunga protea adalah bunga yang juga tak kalah menarik, bunga ini berasal dari daratan Afrika Selatan. Selain di sebut dengan nama brutea, bunga ini juga biasa di panggil dengan sebutan bunga Semak Gula.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Indonesia ikut andil dalam membudidayakan bunga jenis ini. Selain itu, ada sekitar 20 negara yang juga membudidayakan bunga jenis ini.

Umumnya bunga ini di buat sebagai buket atau dekorasi untuk mempercantik ruangan atau taman.

Bunga Poinsettia

Macam-macam bunga

Bunga Poinsettia adalah jenis bunga yang berasal dari daratan Amerika Tengah dan Meksiko dengan jenis tanaman yang menyebar di daratan subtropis. Selain itu, bunga ini juga di kenal dengan sebutan bunga Katsuba (Euphorbia pulcherrima).

Bunga ini memiliki warna yang beragam dengan bagian ujung daun berwarna lebih merah sehingga terlihat berwarna-warni. Daun bunga ini umumnya akan berbentuk oval.

Untuk persebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah yang beriklim sejuk, biasanya bunga ini sering digunakan seperti bunga pada umumnya yaitu sebagai hiasan.

Bunga Putri Malu

Macam-macam bunga

Tanaman bunga putri malu adalah tanaman yang tergolong mudah ditemukan di sekitar kita. Hal ini dikarenakan bunga ini akan mengeritkan daunnya ketika menerima sentuhan. Bunga putri malu merupakan bunga yang termasuk ke dalam spesies perdu dari suku polong-polongan.

Menutupnya daun pada tanaman putri malu ini bukan menutup secara permanen melainkan hanya sementara. Jika sudah lama menutup daun puteri malu ini akan kembali mekar.

Bunga putri malu memiliki nama latin yaitu Mimosa pudica.

Bunga Peony

Macam-macam bunga

Bunga peony (peonia) merupakan salah astu jenis bunga yang juga tak kalah menarik. Bunga ini termasuk kedalam keluarga Paeoniaceae yang bergenus tunggal. Dalam pertumbuhannya, tanaman bunga peony ini bisa tumbuh dari mulai ukuran 0.5 meter hingga 1.5 meter.

Biasanya, bunga ini akan tumbuh di akhir musim semi hingga memasuki awal musim panas. Bunga ini memiliki bau yang wangi dengan tampilan bunga yang didominasi oleh warna ungu, kuning, merah, pink, dan putih.

Untuk penyebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah Amerika Utara bagian barat, Tiongkok, Indiana, dan Eropa Selatan.

Bunga Jepun

Macam-macam bunga

Bunga jepun atau yang juga akrab dikenal dengan sebutan bunga mentega adalah bunga yang termasuk pada keluarga Apocynaceae. Untuk membedakannya, bunga ini sangat gampang sekali karena memiliki ciri yang sangat khas yaitu perdu tegak yang memiliki tinggi sekitar 2 hingga 5 meter.

Selain itu, struktur daun dari bunga ini juga memiliki bentuk daun yang epidermis berlapis-lapis.Umumnya, bunga ini digunakan oleh kebanyakan orang sebagai tanaman hias pinggir jalan.

Tanaman bunga ini biasa tumbuh di daerah kering yang memiliki iklim hangat. Misalnya di daerah Asia Tenggara, Mediterania, dan juga Afrika Utara yang merupakan titik persebaran bunga ini.

Bunga Melati

Macam-macam bunga

Bunga melati adalah bunga yang sangat umum kita ketahui, karena bunga ini memiliki bentuk dan warna yang cantik dan disukai banyak oorang. Bunga ini termasuk kedalam keluarga atau genius dari semak dan juga tanaman merambat yang berada dalam famili zaitun (Oleaceae).

Batang dari bunga melati ini tumbuh secara tegak dengan kemampuan hidup yang menahun (bertahun-tahun). Terhitung sekitar 200 spesies lebih dari bunga melati ini yang tersebar di daerah-daerah yang beriklim tropis dan juga dari Eurasia Australasia hingga daratan Oseania.

Biasanya, bunga ini ditanam oleh kebanyakan orang sebagai tanaman hias atau juga sebagai minuman khas karena aromanya seperti misal teh melati.

Bunga Mawar

Macam-macam bunga

Kemudian bunga mawar, bunga ini juga tak kalah menarik jika dibandingkan dengan hunga melati karena memiliki peminat atau pecinta yang sangat banyak. Bunga mawar memiliki keluarga atau genus Rosa L dan juga sebagai tanaman semak.

Terhitung, sekitar 100 lebih spesies dari bunga mawar ini tersebar di penjuru Dunia. Biasanya, spesies dari bunga mawar ini adalah tanaman yang berduri dan juga memanjat. Ukuran umum dari bunga mawar ini adalah 2-5 meter.

Ciri umum dari bunga mawar ini adalah warnanya yang didominasi oleh warna pink, putih, kuning, dan merah ada juga warna biru untuk beberapa spesies. Lebih spesifiknya, bunga ini memiliki 5 buah daun mahkota bunga yang menjadi hiasan indahnya kecuali untuk genus Rosa karena genus ini hanya memiliki 4 daun mahkota bunga.

Bunga Matahari

Macam-macam bunga

Selanjutnya adalah bunga matahari yang juga tidak kalah peminatnya. Bunga ini adalah termasuk kedalam suku Asteraceae yang sangat populer karena salah satu penghasil kuaci dan minyak, biasanya bunga ini akan tumbuh semusim.

Konon, tanaman bunga matahari ini sudah ditanam semenjak ribuan tahun silam oleh orang-orang Indian Amerika Utara. Namun, saat ini penyebaran bunga matahari di daerah amerika semakin luas sehingga sampai ke daratan Amerika selatan, Ukraikan, dan juga Eropa.

Biasanya, tanah yang subur dan hangat adalah tempat paforit dari tanaman bunga matahari ini. Oleh karena itu, tanaman bunga matahari ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim subtropik.

Bunga Lonceng

Macam-macam bunga

Bunga lonceng atau yang memiliki nama ilmiah Platycodon grandiflorus merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Campanulaceae yang biasa berbunga tahunan.

Tampilan bunga ini memiliki warna yang biru dan juga memiliki bentuk yang besar. Namun ada juga bunga lonceng yang memiliki variasi warna merah muda, dan putih yang mana hasil ini di dapat dari bunga hasil budidaya.

Untuk penyebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daerah Asia Timur Jepang, Siberia Timur, Korea, hingga memasuki daratan Tiongkok.

Bunga Lantana

Macam-macam bunga

Bunga lantana atau juga sering disebut sebagai bunga saliara (Lantana Cemara)adalah jenis bunga yang berasal dari keluarga Verbenaceae. Biasanya, tanaman ini memiliki banyak sekalicabang sehingga bunga ini tampak rindang. Namun meski seperti itu bunga ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 4 meteran.

Untuk persebarannya, bunga ini biasa ditemukan di daratan yang memiliki iklim tropis seperti Amerika tengah dan juga Amerika Selatan.

Bunga Lavender

Macam-macam bunga

Bunga lavender merupakan bunga yang berjenis rumput-rumptan semak pendek dan juga kecil. Bunga ini berasal dari keluarga Lamiaceae dengan spesies yang tersusun sekitar 25-30 jenis. Biasanya lavender digunakan sebagai tanaman hias, ekstrak minyak esensial, dan juga sebagai bahan makanan.

Persebaran dari bunga ini adalah di daerah yang memiliki iklim sedang. Asal bunga ini dari daerah India, Afrika tropis sampai Timur, dan wilayah SelatanLaut Tengah.

Bunga Sepatu

Macam-macam bunga

Bunga sepatu atau juga disebut bunga raya memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. Bunga ini termasuk kedalam keluarga Malvaceae yang termasuk kedalam jenis tanaman semak. Bunga ini memiliki warna dominan oranye, kuning, putih, pink, dan merah tua.

Umumnya bunga ini berasal dari berbagai kultivar dan hibrida yang memiliki daun mahkota selapis (tunggal) atau juga daun mahkota berlapis (ganda).

Biasanya, tanaman ini degunakan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Misal daerah pertumbuhan biasa bunga ini adalah Asia Timur.

Bunga Kertas

Macam-macam bunga

Bugnga kertas atau juga disebut bunga bougenville adalah tanaman bunga yang tak kalah populer dan banyak dikenal orang. Hal ini dikarenakan bunga ini mudah untuk ditanam di daerah manapun dan juga memiliki pertumbuhan yang lumayan cepat.

Biasanya, bunga ini memiliki bagian tanaman yang berwarna-warni sehingga terlihat sangat indah. Bunga yang berwarna-warni tersebut berasal dari seludang atau daun pelindung yang berubah warna. Bunga ini bisa tumbuh hingga belasan bahkan puluhan meter yang bercabang dan rimbun.

Bunga Herbras

Macam-macam bunga

Selanjutnya adalah bunga Hebras atau yang sering juga disebut sebagai bunga Gerbera L dengan jenis spesies Astreaceae. Pertumbuhan bunga ini bisa sampai bertahun-tahun dengan bentuk semak-semak dan daun yang memanjang. Warna umum pada daun bunga ini adalah warna hijau dengan gerigi besar di pinggiran daun.

Ada lebih dari 40 spesies bunga ini yang tersebar di penjuruh Dunia. Penyebarannya yaitu pada daerah tropis Asia, Afrika, Madagaskar, hingga ke Amrika selatan.

Bunga Gladiol

Macam-macam bunga

Bunga Gladiol atau dengan nama latin Gladiol Communis dan berasal dari keluarga Iridaceae adalah tanaman bunga semusim yang umum dibudidayakan kebanyakan orang. Biasanya, bunga ini digunakan sebagai bunga hiasan ruangan dengan metode rangkaian bunga.

Bunga ini bisa dibilang unik karena selain dari bunganya yang memiliki warna menarik, kesegaran bunga ini juga bisa bertahan lama yaitu sekitar 10 hari.

Bunga Freesia

Macam-macam bunga

Bunga Freesia atau juga biasa disebut sebagai bunga cormous adalah bunga yang sangat indah dan banyak diminati orang. Hal ini karena bunga ini bisa ditanam di dalam pot yang bisa tahan hingga 14 hari setelah ditanam.

Penggunaan bunga ini biasanya orang-orang menggunakannya sebagai pajangan dan karangan bunga. Masyarakan yang paling umum menggunakan tanaman ini adalah yang berada di daerah Afrika swlatan yang menjadi tempat asal dari bunga ini.

Bunga Eidelweis

Macam-macam bunga

Bunga Eidelweis atau juga disebut Bunga Senduro (Anaphalis Javanica) atau juga lebih populer dikenal dengan sebutan Edelweis jawa (Javanese Edelweis).Merupakan tanaman yang endemik di daerah alpina/montana yang terdapat pada berbagai pegungungan tinggi di Indonesia.

Namun, saat ini bunga Edelweis dikategorikan sebagai bunga yang langka. Biasanya bunga ini akan tumbuh di daerah hutan-hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya pada daerah yang mamiliki tanah tandus.

Bunga Eceng Gondok

Macam-macam bunga

Eceng Gondok atau yang sering disebut dengan nama latin Eichhornia Crassipes merupakan tanaman yang tumbuh mengapung di air dengan buga yang sangat indah. Biasanya, bunga ini dikategorikan sebagai bunga yang dapat merusak lingkungan perairan.

Hal ini, dikarenakan bunga ini memiliki daya tumbuh yang sangat cepat sehingga cepat mati dan bisa mencemari perairan yang ditanami.

Bunga Dandelion

Macam-macam bunga

Bunga dandelion atau sering juga disebut sebagai Bunga Randa adalah bunga yang memiliki nama latin Taraxacum dari spesies Asteraceae. Bunga ini sangat umum ditemukan di daerah-daerah yang memiliki tanah lumayan subur.

Ciri paling dominan dari bunga ini adalah bentuk bunga yang seperti bulu halus dan akan beterbangan ketika tertiup angin. Dengan mudahnya tertiup angin ini membuat Bunga Dandelion bisa tumbuh dimana saja karena terpaan angin membawa bijinya bertebaran. Asal dan umum persebaran bunga ini ada pada daerah Asia dan Eropa.

Bunga Daffodil

Macam-macam bunga

Daffodil atau juga sering disebut sebagai bunga Narcissus merupakan salah satu bunga yang sering ditemui di daratan Ukraina. Ciri dari bunga ini adalah terletak pada kelopaknya yang memiliki sekitar 6 kelopak bunga.

Warna bunga ini sangat menarik karena memiliki warna yang terang dengan pusat bunga yang berbentuk seperti terompet kecil yang menonjol. Warna yang paling sering ditemukan pada bunga ini adalah warna Merah muda, orange, kuning, dan ada juga yang berwarna putih.

Bunga Dahlia

Macam-macam bunga

Bunga dahlia adalah sejenis tanaman perdu yang berumbi yang lambat ketika dikembang biakan karena bunga ini termasuk bunga tahunan. Namun Anders Dahl seorang ahli tanaman berhasil mengembangbiakkan tanaman bunga ini yang kemudian dinamakan Dahlia Juarezii.

Dahlia Juarezii ini menjadi cikal bakal perkembangbiakkan Bunga Dahlia. Hal ini karena adanya persilangan sehingga membuat bunga ini termasuk jenis bunga hibrida yang pertumbuhannya cepat.

Bunga Candytuft

Macam-macam bunga

Bunga Candytuft merupakan salah satu tanaman bunga liar yang sangat umum ditemukan di tempat rerumputan. Ciri khas dari bunga ini adalah daunnya yang mengkilap dengan susunan cluster berasal dari banyak bunga.

Cara penanaman paling mudah dari bunga ini adalah dengan menanam bijinya yang sudah tua (matang). Biasanya, bunga ini sering digunakan sebagai bunga hias atau juga sebagai bunga potong. Warna seperti ungu, putih, ataupun pink menjadikan bunga ini diminati banyak orang.

Bunga Cosmos

Macam-macam bunga

Bunga Cosmos atau juga sering disebut dengan Bunga kenikir dan Raja ulam adalah bunga yang berasal dari daratan Meksiko. Bunga ini merupakan salah satu tumbuhan tropis dan sering tumbuh di tempat-tempat secara liar.

Bunga ini dikategorikan sebagai bunga yang termasuk kedalam keluarga Asteraceae. Ciri umum dari tanaman ini adalah bunga yang bergaris-garis dengan batang bunga seperti pipa. Tinggi bunga ini bisa mencapai 1 meter dengan daun tangkai yang memanjang.

Bunga Chicory

Macam-macam bunga

Bunga Chicory atau dengan nama latin Cichorium Intybus merupakan tumbuhan bunga yang termasuk ke dalam keluarga Aster. Biasanya, bunga ini akan tumbuh menahun dengan warna yang biru terang dan juga ada yang berwarna merah muda atau kuning.

Tempat asal dari tanaman ini adalah terletak pada daratan Eropa yang tersebar hingga Australia danAmerika Utara. Tanaman ini biasa tumbuh dan umum ditemukan dengan sengat mudah di tepi-tepi jalanan.

Bunga Camelia

Macam-macam bunga

Bunga Camelia adalah bunga yang sangat banyak di minati orang. Bunga ini berasal dari daratan Asia Selatan, Asia Timur, Indonesia, Jepang, dan Himalaya. Selain itu, bunga ini termasuk kedalam keluargaTheaceae.

Batang dari bunga ini termasuk kedalam batang berkayu baik yang berbentuk pohon ataupun yang berbentuk semak. Yang paling sering dijumpai dari jenis bunga ini adalah Camellia Sinensis yang puncak daunnya memiliki guna sebagai teh. Selain itu, bunga ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias yang berbunga.

Terhitung, sekitar 3.000 jenis kultivar hibrida dari bunga ini yaitu jenis Cemelia Japonica, Camelia Sasanqua, dan juga Camelia Reticulata.

Bunga Begonia

Macam-macam bunga

Bunga Begonia adalah bunga yang berasal dari keluarga/genus tanaman berbunga Begoniaceae. Kata “Begonia” digagas pertama kali oleh seseorang yang bernama Charles Plumier. Tujuannya adalah untuk menghormati mantan gubernur koloni Prancis yang bernama Michel Begon.

Bunga Begonia ini memiliki sekitar 1.500 spesies yang tersebar di seluruh Dunia. Sedangkan Begonia sendiri adalah satu dari sepuluh Genera Angiosperma terbesar.

Bunga Anggrek

Macam-macam bunga

Bunga Anggrek atau dengan nama latin Orchidaceae adalah suatu suku jenis tanaman yang berbunga dengan anggot ajenis paling banyak. Bunga anggrek termasuk kedalam jenis bunga yang populer karena banyak digunakan bunganya.

Bentuk dan warna Bunga Anggrek ini sangat indah dan bervariasi sangat banyak (hampir tidak terbatas). Karena keindahannya inilah Bunga Anggrek

Bunga Allamanda

Macam-macam bunga

Bunga Allamanda atau juga sering disebut dengan Bunga Terompet Emas atau juga Bunga Buttercup. Bunga ini juga termasuk kedalam golongan perdu kayu yang mana pertumbuhan tingginya bisa mencapai hingga 2 meter lebih.

Karena bentuk dari bunga ini sangat indah, maka penggunaan bunga ini pun tentu sebagai tanaman hias atau sebagai hiasan ruangan. Asal dari bunga ini yaitu dari berasal dari daratan Amerika Tengah dan di Amerika Selatan. Namun akhir-akhir ini bunga ini terdapat juga di Brazil.

Bunga Anyelir

Macam-macam bunga

Bunga Anyelir atau juga sering disebut Bunga Teluki dengan nama ilmiah Dianthus Caryphyllus merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di pot-pot dekat pekarangan rumah.

Bunga ini memiliki warna yang sangat cerah sehingga sangat mudah untuk dibedakan dengan bunga lainnya. Pertumbuhannya bisa mencapai tinggi 2 meter lebih namun untuk bisa tegak harus menggunakan penyokong dan tali. Bunga ini berasal dari daratan Mediterania.

Bunga Apel

Macam-macam bunga

Selanjutnya yaitu Bunga Apel yaitu salah satu bunga yang biasa mekar di musim semi bersamaan dengan terbentuknya perkecambahan pada daun. Bunga ini memiliki warna putih yang padanya dihiasi oleh warna pink yang berangsur memudar.

Pada bunga ini terdapat sekitar 5 kelopak bunga dengan diameter yang bisa mencapai 3.5 cm. Sedangkan untuk masa matangnya bunga apel akan terjadi pada musim gugur yang mena diameter bunga ini bisa mencapai hingga 9 cm.

Bunga Asoka

Macam-macam bunga

Bunga Asoka adalah tanaman bunga yang umumnya digunakan sebagai tanaman hias dan sebagai penghijauan lingkungan. Selain itu, bunga ini juga biasa digunakan sebagai tanaman obat untuk luka memar.

Di Indonesia terdapat dua jenis Bunga Asoka. Yaitu Bunga Asoka (Polyalthia sp) yang memiliki ranting dengan daun runcing dan Pohon Asoka (Polyalthia Longifolia) yang tumbuh menjulang tinggi tanpa adanya ranting.

Bunga Aster

Macam-macam bunga

Jika dilihat, bunga ini memiliki kemiripan dengan Bunga Matahari, namun ini bukan Bunga Matahari melainkan Bunga Aster. Bunga Aster adalah bunga yang berasal dari daratan Tiongkok. Jika memasuki musim bunga, bunga ini sangatlah mudah untuk didapat.

Biasanya, bunga ini memiliki warna seperti ungu, putih, biru, merah, merah muda, dan warna lainnya. Sedangkan bagian tengah dari bunga ini memiliki warna yang sama yaitu berwara kuning.

Dalam pertumbuhannya, bunga ini bisa mencapai rata-rata 30-70 cm dengan umur tumbuh yang bisa mencapai hingga satu tahun.

Bunga Azalea

Macam-macam bunga

Bunga Azelea adalah tanaman bunga yang termasuk kedalam genus Rhododendron dan termasuk keluarga Ericaceae. Biasanya, bunga ini hidup dan berkembang di daerah yang memiliki iklim sedang.

Kebanyakan, bunga ini digunakan sebagai bunga hias atau tanaman hias karena memiliki warna yang menarik dan lebih populer sebagai tanaman hias. Rata-rata, bunga ini memiliki warna ungu, putih, kuning, hingga merah.

Bunga Bakung

Macam-macam bunga

Bunga Bakung atau juga dikenal dengan Bunga Lily merupakan warna yang memiliki aroma sangat wangi. Bunga ini memiliki sekitar 110 suku dalam family (Liliaceae)  jenis bakung. Kebanyakan suku dari Bunga Lily memiliki umbi polos.

Bunga ini memiliki sekitar 3 daun bunga yang memiliki warna berbeda. Biasanya memiliki warna seperti kehitaman, bintik-bintik, putih, merah, kuning, jingga, merah muda, hingga bercorak.

Umumnya, bunga ini ditemukandi sebagian besar wilayah di Benua Eropa, Asia, sempai ke daratan Jepang dan untuk bagian selatannya hingga Filipina, China, dan India.

Bunga Bangkai

Macam-macam bunga

Bunga Bangkai atau sering juga disebut Suweng Raksasa (Keribut) merupakan tumbuhan bunga yang berasal dari talas-talasan. Bunga ini sangat jarang sekali digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki bau yang tidak sedap. Tapi dari segi tampilan lumayan menarik.

Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh bunga ini untuk mengundang lalat yang merupakan salah satu metode penyerbukan bunganya.

Penutup

Mungkin demikian pembahasan mengenai Jenis-jenis Bunga yang bisa kami tulis. Jika ada keluhan, komentar, kritik, ataupun saran silahkan di ketik di kolom komentar supaya kami bisa menjawabnya.Jangan lupa share dan baca terus artikel menarik dari kami.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: