Berbagai Jenis Kerajinan Bahan Lunak yang Unik dan Menarik

Kerajinan Bahan Lunak – Halo teman-teman selamat datang di portal kami, website yang berisi berbagai jenis informasi untuk teman-teman semua. Di artikel kali ini admin mau bahas tentang kerajinan nih, khususnya “kerajinan bahan lunak”. Coba di simak baik-baik ya! Biar artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi pembaca sekalian.

Eit, tapi ini bukan kerajinan bahan lunak yang nantinya jadi makanan ya kaya kue gitu. Kalau mau tahu tentang kue coba ini nih Resep Brownies Kukus.

Berbicara tentang kerajinan tentunya tidak lepas dari berbagai aspek kehidupan di dalamnya. Hal ini di sebabkan karena kerajinan merupakan cerminan dari seseorang yang memiliki kreativitas tinggi.

Selain itu, kerajinan juga menjadi salah satu barang yang bisa di jadikan sebagai media mencari nafkah. Terbukti, dengan kreativitas yang tinggi banyak orang yang bisa mengeluarkan dirinya dari kemiskinan.

Untuk itu, di sini akan di muat beberapa ulasan mengenai kerajinan yang bisa mendobrak isi saku anda. Kita tahu, kerajinan bahan lunak memiliki keindahan, kreativitas tinggi dan bernilai jual tinggi juga. Karenanya, artikel ini juga bisa menjadi sebagai inspirasi anda yang butuh peluang usaha.

Baca juga :

Berikut ulasannya :

Apa Arti Kerajinan Bahan Lunak?

Kerajinan bahan lunak yaitu setiap kerajinan yang bahan inti pembuatan nya menggunakan bahan lunak. Kerajinan ini tentunya membutuhkan beberapa perhatian yang di ekstrakan supaya bisa menghasilkan kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Bahan lunak yang biasa di gunakan untuk membuat kerajinan cukup banyak kita ketahui, hanya saja kita jarang memanfaatkannya jadi tidak tahu bagaimana fungsi dan hasilnya setelah di olah.

Jika di asalkan, yang menjadi bahan utama pembuatan kerajinan bahan lunak ini terbagi dua yaitu bahan yang berasal dari alam dan bahan buatan. Bahan lunak alam adalah setiap bahan lunak yang biasa di olah menjadi kerajinan dengan harga jual tinggi.

Adapun bahan lunak buatan pada awalnya tetap dari alam, namun mengalami proses pengolahan sehingga keaslian alamnya hilang maka di sebutlah bahan lunak buatan. Dari kedua bagan tersebut masing-masing memiliki proses yang berbeda dalam pembuatan menjadi kerajinan bahan lunak.

Mengidentifikasi Karya Kerajinan dari Bahan Lunak

Untuk megidentifikasi sebuah data kita membutuhkan tabel yang akan memudahkan proses pengidentifikasian nya. Berikut tabel nya:

No Nama Kerajinan Bahan Dasar Pembuatan Motif Hias Cara Pembuatan Kegunaan
1 Vas Bunga Tanah Liat Flora Teknik Putar Tekan Hiasan dan tempat bunga
2 Asbak Rokok Unik Tanah Liat Manusia Teknik Cetak Tuang Tempat puntung rokok
3 Piring dari Tanah Liat Tanah Liat Bulat Teknik Putar Tekan Tempat makan
4 Bunga Mawar Tanah Liat Flora Teknik Cetak Tuang Sebagai hiasan mangkuk
5 Topeng Tanah Liat Tanah Liat Manusia Teknik Cetak Tuang Sebagai hiasan dinding

Untuk itu, upayakan setiap bahan lunak yang akan di gunakan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan maksimalkan pemanfaatannya. Hal ini berfungsi sebagai penambah kreasi atau jenis kerajinan yang di hasilkan dari bahan tersebut.Kita lihat berbagai macam kerajinan yang memiliki daya jual dan tingkat kreativitas tinggi hanya di dapat dari satu jenis bahan pokok saja, yaitu tanah.

Selain itu, fungsi tanah juga bisa kita lihat sebagai bahan inti pembuatan batu bata dan lain-lain.Dari data di atas kita bisa melihat berbagai produk yang di hasilkan dari hanya satu bahan saja. Tidak terbayang kalau saja bahan yang kita gunakan untuk membuat kerajinan bahan lunak, pasti akan sangat banyak yang di hasilkan.

Fungsi Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan dari bahan lunak di buat tentunya memiliki maksud dan tujuan tersendiri, baik bagi pembuatnya atau pun yang membelinya. Secara global, fungsi dari kerajinan bahan lunak ini terdiri dari dua pokok yaitu sebagai bahan pakai dan sebagai bahan pajangan.

Selain itu, untuk si pembuat, kerajinan ini bisa berguna sebagai media untuk menambah penghasilan, bahkan bisa menjadi penghasilan pokok. Tidak hanya itu, kerajinan juga bisa menjadi sebuah aset berharga dalam budaya satu daerah.

Berikut fungsi beberapa hasil kerajinan bahan lunak :

1. Sebagai Alat Penunjang Kebutuhan

Kerajinan Bahan Lunak sebagai penunjang kebutuhan

Kita tahu setiap kehidupan pastinya memiliki kebutuhan yang harus di penuhi. Untuk melengkapinya pun terdiri dari beberapa jenis alat yang berbeda. Begitu juga dengan kerajinan bahan lunak, akan sangat berguna jika memiliki bentuk dan tujuan pembuatan yang di khususkan.

Seperti contoh pembuatan piring, gelas, atau pun ubin lantai dari bahan tanah liat menjadi sebuah bagian yang berada di kehidupan manusia dan memiliki banyak kegunaan pula.

2. Sebagai Hiasan

Kerajinan Bahan Lunak jadi Hiasan Dinding

Hiasan juga termasuk bagian yang berada pada kehidupan kita, salah satunya hiasan dari kerajinan bahan lunak. Hal ini juga menjadi salah satu tujuan dari pengembangan kerajinan bahan lunak. Seperti contoh kita lihat berbagai bentuk kesenian tiga dimensi yang berasal dari tanah liat, sabun, atau pun gypsum.

Karena itu, kita bisa memastikan dan meyakini bahwa kerajinan bahan lunak juga memiliki kegunaan sebagai hiasan.

3. Sebagai Ilmu Pengetahuan

Kerajinan Bahan Lunak menjadi Pengetahuan

Seiring berjalannya waktu, banyak generasi muda yang tidak memperdulikan akan budaya. Terlebih di zaman yang serba praktis ini mereka akan terus melupakan kesenian-kesenian yang menurut mereka rumit.

Untuk itu, banyak sekolah-sekolah yang mengajarkan kepada muridnya untuk bisa membuat kerajinan, salah satunya kerajinan bahan lunak ini. Hal ini di lakukan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap kreasi seni dan mengajarkan arti perjuangan.

4. Untuk Mencari Penghasilan

Dapat Duit

Selanjutnya adalah sebagai media untuk mencari penghasilan. Kita lihat banyak sekali orang yang rela membayar mahal untuk satu kreasi seni yang memiliki nilai artistik tinggi. Hal ini tentunya bisa di dapat dengan adanya ke kreatifan yang tinggi.

Dengan itu, semakin kreatif seseorang maka semakin besar juga peluangnya untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Jenis jenis Bahan Lunak yang Biasa di Gunakan Sebagai Kerajinan

Jika di sebutkan bagian atau jenis dari bahan lemak itu sendiri memiliki banyak jenis yang berbeda, tapi tidak tertuju untuk pembuatan kerajinan. Karena banyak jenis bahan lunak yang tidak bisa di pakai untuk kerajinan bahkan tidak pantas untuk di jadikan bahan kerajinan. Di sini, penulis hanya akan menuliskan bahan-bahan yang bisa di pakai sebagai bahan pembuat kerajinan saja.

Sesuai dengan yang tadi penulis katakan, bahwa asal paling inti yang menjadi bahan pembuatan kerajinan ada dua yaitu bahan buatan dan bahan dari alam. Namun di sini penulis hanya akan menerangkan mengenai keseluruhannya saja. jenis yang biasa di gunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan penulis tuliskan 8 jenis.

Berikut jenis jenis bahan lunak yang biasa di gunakan sebagai kerajinan :

Kerajinan dari Sabun

Kerajinan tangan dari sabun merupakan salah satu kerajinan bahan lunak. Untuk bisa menjadikan sabun ini sebagai kerajinan cukup banyak cara yang bisa di lakukan. Tapi ingat, bentuk yang elegan biasanya di dapat dari kreatifitas yang tinggi.

Ukiran pada proses pembuatan kerajinan sabun ini merupakan bagian yang memerlukan ketelitian tinggi. Pasalnya, kalau kurangnya ketelitian akan membuat proses pembuatan menjadi sangat lambat. Bahkan, mungkin saja bisa menyebabkan sabun yang sedang di bentuk bisa patah.

Bentuk yang di dapat dari kerajinan bahan lunak sabun ini cukup banyak. Contohnya seperti karakter hewan air, hewan darat, kartun, bahkan flora. Kerajinan membentuk sabun sebagai kerajinan juga sering di pelajari di sekolah-sekolah.

Berikut beberapa contoh Kerajinan dari bahan lunak sabun:

 Kerajinan Bahan Lunak Sabun Bunga

Kerajinan Bahan Lunak Sabun Indah

Kerajinan Bahan Lunak Sabun Kura-kura

Cara Membuat Kerajinan Sabun

Setelah tadi kreatifitas tinggi tertanam selanjutnya mengetahui cara pembuatan dari kerajinan sabun ini. Untuk bisa membuat kerajinan bahan sabun ini, ada dua teknik yang biasa di gunakan, yaitu:

  • Mengukir sabun batang dengan menggunakan alat-alat yang mendukung seperti contoh silet, pisau kecil, obeng, atau pun paku. Namun untuk bisa menggunakan teknik jenis ini alangkah baiknya anda membuat pola terlebih dahulu untuk memudahkan pengukiran dan menciptakan gambaran yang akan anda buat.
  • Membentuk sabun batang dengan metode pembentukan seperti plastisin. Langkahnya yaitu dengan memarut sabun hingga menjadi seruk kecil-kecil. Setelah itu, campurkan serbuk sabun dengan sagu dan tambahkan sedikit air. Lalu bentuk adonan tersebut sedemikian rupa, pembentukan ini hampir mirip dengan pembentukan plastisin.

Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

Selanjutnya kerajinan tangan dari bahan lilin, kita tahu, lilin ini adalah salah satu bahan lunak yang dekat dengan kehidupan kita. Asal mula dari lilin ini yaitu dari getah pohon pinus, kemudian di olah. Biasanya lilin yang kita kenal hanyalah lilin yang biasa di gunakan sebagai penerang saja.

Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengetahuan banyak inovasi yang di kembangkan dari bahan dasar lilin ini. Kerajinan yang paling sering kita temukan dari bahan lilin ini yaitu lilin hias yang memiliki berbagai warna berbeda.

Namun seiring berjalannya waktu kreasi yang di buat tidak hanya lilin hias saja. Sekarang muncul lilin aroma terapi, bahkan ada juga lilin anti nyamuk yang tentunya juga memiliki warna yang indah.

Kerajinan Bahan lunak Lilin

Kerajinan Bahan lunak Lilin

Kerajinan Bahan lunak Lilin

Kerajinan bahan Lunak Lilin

Cara membuat kerajinan bahan lunak lilin

Untuk bisa membuat kerajinan bahan lunak lilin ini tergolong sangat mudah. karena dalam proses pembuatan nya hanya membutuhkan bahan yang mendukung saja, tidak perlu ada proses pengukiran atau pun pembentukan. Namun, yang di butuhkan untuk kerajinan ini yaitu tingkat imajinasi dalam memperoleh warna yang elegan dan menarik.

Cara pembuatan kerajinan ini cukup unik, yaitu dengan menyiapkan beberapa lilin dan perwarna krayon. Setelah itu lilin yang sudah di siapkan di didihkan untuk mendapatkan tekstur encer. Krayon nya juga sama dilelehkan. Setelah kedua bahan meleleh, siapkan wadah dengan sumbu lilin di tengahnya. Setelah itu tuangkan lilin dengan kombinasi yang anda inginkan.

Selain itu, teknik membuat lilin hias juga bisa di terapkan untuk membuat lilin anti nyamuk aroma terapi. Hanya saja, penggunaan krayon sebagai pewarna di ganti dengan minyak lavender.

Kerajinan dari Kulit

Kerajinan bahan lunak selanjutnya adalah kulit, kerajinan kulit juga tidak kalah dengan kerajinan bahan lunak lainnya. Kerajinan jenis ini memiliki hubungan erat dengan budaya daerah. Hal ini di sebabkan karena seringnya kulit di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan wayang kulit. Selain itu, kulit juga biasa di gunakan sebagai bahan inti pembuatan tas, sabuk, dompet, dan juga jaket.

Selain memiliki hubungan yang erat dengan budaya satu daerah, kerajinan ini juga memiliki nilai jual tinggi. Bahkan jika kualitas dari kerajinan kulit itu termasuk kualitas yang terbaik maka harga yang fantastis sangat layak untuk barang seperti itu. Seperti contoh jaket kulit yang terbuat dari kulit kambing, kerajinannya memiliki harga jual yang lumayan. Biasanya harga satuan jaket kulit tersebut berkisar antara 700.000 ke atas.

Namun cara pembuatan dari kerajinan kulit ini sangatlah rumit. Dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa kerajinan yang berbahan kulit berharga sangat mahal. Untuk bisa membuat kerajinan dari bahan kulit ini hendaknya si pengrajin menyamak kulit ini terlebih dahulu. Hal ini di lakukan supaya kulit yang di gunakan tidak busuk di kemudian hari.

Jual Jaket Kulit Asli Garut

Hubungi Kami Via

(Whatsapp, Telpon, dan SMS)

=========================

Jual Jaket Kulit Asli Garut

=========================

Ayo Buruan Sebelum Orderan Full 

Kerajinan Bahan Lunak Jaket Kulit

Kerajinan Bahan Lunak Sabuk Kulit

Kerajinan dari Serat Alam

Selanjutnya adalah kerajinan dari serat alam, tapi ingat kerajinan ini bukan berarti di ambil alam secara umumnya. Tapi yang di gunakan untuk membuat kerajinan jenis ini adalah kerajinan yang berbahan dasar dari tumbuhan yang ber serat. Seperti contoh kulit kayu, bambu, eceng gondok, dan masih banyak lagi.

Umumnya, untuk membuat kerajinan berbahan serat alam ini para pengrajin menggunakan teknik anyam. Tapi ada juga yang menggunakan teknik lain. Namun kerajinan jenis ini semakin lama semakin terkalahkan oleh kerajinan yang praktis yang berasal dari tangan-tangan mesin. Dulu, penggunaan kerajinan jenis ini sangatlah banyak.

Tas dari serat alam

Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan tanah ini mungkin salah satu dari sekian banyak kerajinan bahan lunak yang memiliki banyak kegunaan. Benar saja, dengan menggunakan tanah liat sebagai bahan inti par pengrajin bisa membuat berbagai jenis kerajinan yang tidak kalah menarik dengan kerajinan lainnya. Sebagai contoh lihat tabel yang di dalamnya terdapat beberapa kerajinan yang terbuat dari tanah.

Kerajinan bahan lunak tanah liat

Kerajinan bahan lunak dari tanah liat

kerajinan bahan lunak dari tanah liat

Cara pembuatan kerajinan tanah liat

Di dalam pembuatan kerajinan dari bahan tanah liat terdapat banyak teknik yang biasa di gunakan. Hanya saja yang paling sering di gunakan ada dua teknik, yaitu teknik cetak tuang dan teknik putar tekan.

  • Teknik cetak tuang dalam pembuatan kerajinan dari tanah liat ini membutuhkan beberapa bahan yang nantinya menjadi penunjang terbentuknya kerajinan ini. Selain itu, dalam prosesnya kerajinan ini membutuhkan adanya cetakan untuk membuatnya.
  • Teknik tekan putar dalam pembuatan kerajinan jenis ini adalah adanya penggunaan alat yang saat pembentukan kerajinan alat itu di putar untuk menghasilkan kerajinan yang rapi.

Kerajinan Bahan Lunak Gypsum

Gypsum adalah salah satu bahan yang umum di gunakan di masa sekarang. Penggunaannya bisa berupa kerajinan, hiasan, maupun untuk bahan bangunan. Awalnya, gypsum atau semen putih ini hanya di kenal sebagai bahan bangunan saja. Namun setelah adanya pemikiran-pemikiran yang brilian penggunaan gypsum ini menjadi lebih efisien.

Saat ini penggunaan gypsum sangat banyak sekali, salah satunya adalah sebagai bahan utama pembuatan kerajinan tiga dimensi.

Dengan tangan-tnagan kreatif yang mampu mengubah segala keadaan menjadi lebih baik kerajinan gypsum pun jadi. Bahkan tidak hanya sebagai kerajinan saja, melainkan sebagai penambah isi saku pun bisa. Dari berbagai bukti yang beredar, banyak orang yang menjadikan gypsum sebagai kerajinan dan mata pencaharian.

Kerajinan gypsum ini memiliki banyak varian bentuk dan jenisnya. ada yang sebagai gantungan kunci, ornamen ruangan, bahkan ada juga yang sebagai hiasan dinding.

Kerajinan bahan lunak dari Gypsum

Kerajinan dari bahan lunak gypsum
blogkusanto.blogspot.com

Cara Membuat Kerajinan dari Gypsum

Untuk membuat kerajinan dari gypsum relatif mudah karena bahan yang mudah di dapat dan juga hanya memerlukan cetakan yang kita inginkan. Seberapa bagus hasil dari gypsum yang kita inginkan maka harus sebagus itu pula kita menyiapkan cetakannya.

berikut tahapan-tahapan nya :

  1. Siapkan bahan (gypsim, air, cat, dan kawat atau tali),
  2. Pisahkan gypsum secukupnya kedalam sebuah wadah,
  3. Tambahkan air secukupnya kedalam gypsum (sedikit encer),
  4. Aduk hingga adonan gypsum merata,
  5. Siapkan cetakan yang akan di gunakan
  6. Tuangkan ddonan gypsum secukupnya kedalam cetakan dan  kasih tali sebagai pengait nantinya,
  7. Simpan gypsum yang telah di tuangkan ke dalam cetakan sampai kering,
  8. Sertelah kering buka cetakan dan cat sesuai dengan warna yang anda inginkan, dan
  9. Kreasi tangan dari gypsum siap di pajangkan.

Penutup

Nah, bagaimana teman-teman, bagus-bagus kan kerajinannya. Ayo tunggu apa lagi? cepat buat dan pastinya keuntungan dari kerajinan yang anda buat akan menghasilkan uang. Mungkin ulasan mengenai “Kerajinan Bahan Launak” saya cukupkan. Jangan lupa baca terus artikel-artikel menarik dari kami. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagi anda dan semoga bermanfaat. Sukses selalu!

Satu pemikiran pada “Berbagai Jenis Kerajinan Bahan Lunak yang Unik dan Menarik”

  1. menginspirasi sekali, ini membuktikan material apapun bisa jadi bernilai jika di olah secara sungguh-sungguh dan berseni

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: