Kebiasaan Orang Sunda yang paling unik dan lucu

Kebiasaan Orang Sunda – Karakter atau sifat seseorang merupakan ciri khas dari seseorang. Selain itu, karakter atau sifat juga menjadi ciri khas dari sebuah daerah atau suku.

Contohnya seperti saya, saya adalah penduduk USA (urang sunda asli). Ketika saya pergi ke suku lain saya bisa membedakan antara suku Sunda dengan suku lainnya. Hal yang paling menonjol terlihat perbedaan dalam segi karakter atau sifat.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda bisa membedakan anta orang sunda sama orang luar sunda? Kalau anda tidak bisa membedakannya itu kebangetan.

Nah, di jawa barat yang mayoritas suku sunda memiliki ciri-ciri tertentu yang menjadi sebuah pembeda dengan suku lainnya.

Di sini saya akan menuliskan artikel tentang kebiasaan orang sunda.

Yaa, walaupun yang saya tulis di sini tidak 100% tepat. Tapi setidaknya sebagian besar seperti yang saya tulis.

Berikut kebiasaan orang sunda yang khas dan berbeda dengan suku lainnya.

Orang Sunda Relijius dan Agamis, Bener gak sih?

orang sunda agamis dan relijius
Kebiasaan Orang Sunda

Nah, anda penduduk USA pasti tahu tentang ciri orang sunda yang satu ini. Ini menjadi ciri orang sunda yang paling baik mang!

Bagaimana tidak, agama kan jadi penentu keselamatan kita nanti di akherat mang.

Memang tidak semua orang sunda Agamis dan Relijius, tapi beberapa kota di jawa barat terkenal dengan ke Relijiusan nya. Bahkan, tidak sedikit kiyai-kiyai terkenal berasal dari daerah jawa barat.

Di daerah saya sendiri masyarakatnya terlihat begitu Agamis. Bahkan di daerah saya terdapat banyak pesantren dan saya juga anak pesantren mang.

Mempunyai nama-nama yang unik dan banyak yang sama

di sunda banyak nama unik dan lucu
Banyak nama yang sama di sunda

Nah, di sunda anda pasti pernah mendengar nama-nama yang unik dan bahkan hampir sama. Bahkan saking uniknya banyak orang sunda yang memiliki nama hanya terdiri dari dua atau empat huruf yang sama.

Contohnya seperti Dudu, Jj, Aam, Hoho dan masih banyak nama-nama unik lainnya.

Selain itu, di sunda juga ada banyak nama-nama yang sama. Bahkan, kalau lagi pendataan baik di sekolah maupun masyarakat banyak nama yang sama.

Sehingga, dengan banyaknya nama yang sama, membuat pendata kebingunagan membedakan orang-orangnya.

Dulu, saat saya masih di sunda sampai ada orang yang buat kelompok berdasarkan nama. Setiap orang yang mempunyai nama yang sama maka akan di ajak untuk bergabung.

Nah, nama yang paling populer dan paling banyak di pake di sunda yaitu seperti Asep, Jajang, Euis, Kokom, Elis, dan masih banyak lagi.

Orang sunda Ngangenin, Bener gak sih?

Nah, ini ciri paling unik dari orang sunda. Rata-rata orang sunda ngangenin mang! Benarkah?

Awalnya ciri ini hanya sebagai inisiatif saja, tapi, setelah di fikir-fikir ciri ini gak bisa di pisahin dari orang sunda hehe. Sebagai contoh, penulis ada cerita dikit nih.

Dulu waktu saya masih di sunda, saya pernah masuk ke sebuah pesantren. Tapi di pesantren itu saya tidak bertahan lama dan saya di pindahkan ke pesantren lain.

Setelah saya di pindahkan, hampir setiap saya ada waktu luang saya selalu berkunjung ke pesantren tempat taman saya dulu. Alasan yang paling sering di lontarkan dari kejadian itu adalah kata “Hayang pangih” (kangen).

Nah, kejadian ini tidak hanya saya yang mengalami. Tapi banyak yang lain juga mengalami hal yang sama. Dari situlah saya menyimpulkan bahwa orang sunda itu Ngangenin.

Nah, kalau anda orang sunda tapi gak ada yang ngangenin ada apa dengan anda?

Kebanyakan orang sunda Lucu dan Humoris

orang sunda lucu
Sule

Tingkat humoris orang sunda itu tinggi, katanya. Tapi, bener gak sih?

Kalau menurut saya, kebanyakan orang sunda itu Humoris dan lucu. Sebagai contoh saya mengangkat seorang komedian yaitu Sule (Entis sutisna).

lihat videonya nih:

Mang Sule ini kalau lagi ngisi acaranya bisa membuat orang-orang yang datang tertawa terbahak-bahak.

Nah, bagaimana pendapat anda tentang orang itu?

Kebanyakan dari anda pasti akan mengakui bahwa orang sunda itu memang humoris. Tap ada juga orang yang menyembunyikan kata itu sehingga bilangnya nggak.

Banyak kosa-kata yang berbeda

Nah, ciri yang khas ini adalah ciri yang paling membuat orang lain kebingungan. Apa lagi yang bukan orang sunda, pasti akan sangat kebingungan.

Bagaimana tidak kalau di daerah lain kosa-kata dari satu kegiatan atau benda hanya satu atau dua. Di sunda kosa-katanya banyak sekali.

Sebagai contohnya adalah kata makan menurut bahasa sunda dan Indonesia:

  • Bahasa sunda makan adalah dahar, tuang, ngaleueut, nyatu, emam, lelebok, jajablog, lolodok, dan masih banyak lagi
  • Untuk bahasa indonesia makan tetepa aja makan

Susah membedakan huruf F, P, dan V

orang sunda susah bedain huruf F dan P
Semua sama

Nah, ini nih hal yang paling lucu di sunda. Susah bedain huruf P sama huruf F, emangnya bener?

Coba anda rasakan sendiri! Rata-rata orang sunda tidak memperdulikan huruf P, F danV. Bagi kebanyakan orang sunda ketiga huruf itu sama aja P.

Ada apa dengan orang sunda?

Penyebab utamanya adalah, karena huruf F atau V tidak di kenal di aksara sunda.

Jadi, kebanyakan orang sunda tidak biasa menyebutkan huruf F dan V.

Hal ini menjadi bagian yang sangat menonjol dan banyak di kenal oleh orang-orang non sunda.

Tapi, seiring berjalannya waktu orang sunda mulai berubah (tapi bukan berubah kayak power rangers). Kini orang sunda mulai mengenal dan bisa membedakan huruf F dan V.

Kebiasaan Orang Sunda suka Lalapan dan Sambel

kebiasaan orang sunda makan lalapan dan sambal
Kesukaan Orang Sunda

Anda orang sunda pastinya tidak asing lagi dengan hal ini. Tapi bagaimana dengan orang luar sunda?

Nah, bagi anda yang berada di luar jawa untuk membuktikan hal ini coba berkunjung ke rumah atau restoran sunda. Di sana anda pasti akan menemukan banyak lalapan-lalapan dan berbagai jenis sambel.

Ini menjadi bukti bahwa kebanyakan orang sunda suka makan lalapan dan sambel.

Suka Persib Bandung

orang sunda suka persib
Bobotoh Persib

Ini nih ciri yang paling aneh, walau orang sunda gak semuanya dari bandung tapi pada suka persib bandung lho.

Padahal, di daerah lain klub bola yang menjadi idola hanyalah klub yang ada di daerahnya saja. tapi kik di sunda enggak!

Memang Persib bandung adalah klub bola yang paling tenar di jawa barat. Karena itulah semua masyarakat jawa barat ada rasa memiliki terhadap Persib bandung. Inilah yang menjadikan salah satu ciri unik kebiasaan orang Sunda.

Dulu, seingat saya para orang tua pada antusias kalo Persib lagi tanding. Begitu pula sekarang, saya juga seperti itu. Padahal, saya bukan orang bandung melainkan orang Garut pesisir.

Bahkan sekarang pun persib masih menjadi kecintaan masyarakat di kampung saya.

Karena itu, kalo orang sunda gak suka Persib, bisa-bisa bukan USA (Urang Sunda Asli) lagi tapi orang sunda palsu, haha.

Bentuk muka khas

Nah, ini yang membuat orang lain bisa membedakan orang sunda dari bentuk fisiknya.

Rata-rata orang sunda memiliki bentuk muka yang hampir sama.

Jadi, kebanyakan orang menebak orang sunda dari bentuk muka. Emang sih, orang Sunda itu mukanya mirip-mirip.

Tapi, perasaan gak semua sama juga, ampe bisa nentuin orang sunda atau bukan lewat bentuk wajah. Lebih jelasnya lagi, orang Sunda itu lucu-lucu deh.

Intonasi lucu

orang sunda ngobrol
Orang sunda

Nah, ini nih yang jadi problem di sunda kebiasaan orang Sunda ngomong dengan intonasi slaw. Kalo orang sunda lagi marah gak kelihatan marah. Karena intonasi bicara nya gitu-gitu aja gak ada perubahan.

lihat videonya:

Bahkan, di daerah-daerah tertentu ada masyarakat sunda yang menggunakan logat ngaleuy.

Nah, kalau anda ngobrol dengan orang-orang ngaleuy ini obrolan sedikit pun bisa sampai berjam-jam saking lamanya ngaleuy.

Mungkin hanya itu yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat!
Artikel seru lainnya!

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: