Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah dan di Lindungi

Hewan langka di Indonesia – Hewan adalah makhluk hidup yang di ciptakan oleh tuhan sebagai salah satu objek pekerjaan manusia. Namun, di zaman sekarang orang-orang serakah menjadikan binatang sebagai bulan-bulanan untuk memenuhi hasrat atau keinginannya.

Oleh karena itu, tidak sedikit hewan-hewan di Dunia khususnya di Indonesia mengalami penurunan populasi. Di duga, karena adanya perburuan liar, pembukaan lahan, dan perusakan ekosistem hutan menjadi momok paling inti dalam hal ini.

Untuk itu, di sini saya akan memaparkan sedikitnya 30 jenis hewan langka dan hampir punah yang ada di Indonesia.

Apa sih Hewan Langka itu?

Hewan langka adalah jenis hewan tertentu yang sangat sulit di temui, adapun kalau di temui itu hanya bisa di temui di daerah-daerah tertentu. Penentuan kelangkaan hewan didasari oleh pendataan badan-badan tertentu tentang sedikitnya di temui hewan-hewan tertentu.

Dengan sulitnya di temukan jenis hewan tertentu maka bisa dikategorikan sebagai hewan langka. Bahkan untuk menentukan hewan tersebut langka atau tidaknya, para ahli hewan di dunia menentukan angka khusus. Untuk jumlah hewan yang bisa dikategorikan sebagai hewan langka, yaitu angka 10.000.

Jadi, jika salah satu jenis hewan telah jumlah populasi nya di dunia mencapai angka di atas berarti hewan itu langka. Seperti contoh; Anoa, tapir, burung maleo dan lain-lain.

Hewan-hewan di atas pasti akan sangat jarang di temukan di hutan belantara, anda hanya bisa menemui nya di tempat penangkaran-penangkaran hewan seperti kebun binatang.

Pelestarian hewan langka:

Hewan Langka di Indonesia yang di Lindungi dan Terancam Punah

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam sangat melimpah, baik itu kekayaan flora maupun fauna nya. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa negara-negara asing menjajah tanah Nusantara.

Dengan kekayaan yang di miliki Indonesia bukan berarti jumlahnya juga banyak. Justru jumlah hewan yang berada di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Kelangkaannya disebut-sebut dari kurangnya tingkat kelaihiran hewan itu.

Padahal, aktivitas manusia yang tidak menjaga mengakibatkan langka nya hewan-hewan tertentu.

Baca juga:

Hewan Langka di Indonesia: dari Pulau Jawa

Di pulau jawa, banyak sekali terdapat berbagai macam hewan, di mulai dari hewan yang kecil sampai yang besar. Dengan persebaran berbagai macam hewan yang lumayan banyak juga mengakibatkan kelangkaan hewan-hewan tertentu.

Selain itu, hewan endemik yang terdapat di pulau jawa juga sangat banyak, tapi peringkat hewan-hewan ini menduduki tingkat hampir punah. Sehingga dengan langka nya hewan-hewan di pulau jawa pemerintah melindunginya.

Berikut hewan-hewan langka yang yang terancam punah di Pulau Jawa:

1. Hewan Langka : Landak Jawa

Landak yang berasal dari Pulau jawa
https://wikipedia.com

Landak Jawa adalah salah satu hewan endemik yang yang saat ini mendekati peringkat kepunahan. Populasi hewan ini sekarang mencapai angka yang sangat minim. Sehingga banyak sekali tempat-tempat penangkaran yang mencoba melestarikan ekosistem hewan ini. Karena itulah, landak termasuk Hewan langka di Indonesia.

Memang jika di lihat dari segi kegunaan untuk landak sendiri jangan di tanya lagi. Tapi, pemburuan yang di lakukan secara liar dan tidak ada batasnya akan membuat hewan ini punah.

Bahkan pemerintah Indonesia sampai membuat undang-undang untuk melindungi hewan ini. Yang mana jika ada yang melanggar akan di berikan hukuman berupa penjara selama 5 tahun atau denda sebesar Rp100 juta rupiah.

2. Lutung Jawa

Lutung yang berasal dari Pulau Jawa
http://iniakudewirahma.blogspot.co.id

Lutung Jawa adalah satu dari sekian banyak Lutung di dunia yang berasal dari Indonesia, tepatnya Pulau Jawa. Ukuran badan hewan ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 55 cm saja.

Populasi hewan ini memasuki angka yang minim, sehingga termasuk hewan yang terancam punah. Tapi, walaupun begitu para pemburu tetap saja melakukan pemburuan secara liar. Karena itu hewan ini termasuk Hewan langka di Indonesia.

Sekarang, hanya jika pergi ke kebun binatang saja anda bisa menemukan hewan ini. Selebihnya, jika anda ingin menemui nya di alam liar akan sangat sulit sekali.

3. Kancil

Hewan endemik dari Pulau Jawa
http://www.binatang.mewarnaigambar.web.id

Jika anda mendengar kata Kancil, pasti yang terbayang di fikiran adalah kecerdikan dan kelincahanan nya. Sebenarnya, hewan ini sangatlah memprihatinkan jika di lihat populasi nya. Karena itu, kancil termasuk hewan langka di Indonesia.

Memang jumlah keseluruhan hewan ini tidak ada yang tahu, baik pihak Pemerintah maupun Organisasi pecinta hewan. Tapi yang jelas, populasi nya sudah sangat minim sekali sehingga hewan ini termasuk hewan yang mendekati kepunahan.

4. Hewan Langka : Banteng Jawa

Banteng dari Pulau Jawa
http://biodiversitywarriors.org

Banteng jawa adalah hewan yang mendekati kepunahan dengan populasi yang sangat mengkhawatirkan. Saat ini jumlah Banteng jawa hanya sekitar 28 ekor saja, itu juga dari hasil kerja keras para pecinta hewan yang melakukan pengembangbiakan dengan teknik semi-alami.

Beberapa tahun ke belakang sebelum di lakukan pengembangbiakan nya, hanya 26 ekor saja badak jawa yang ada. Karena hal inilah para pecinta hewan dan Pemerintah berusaha sekuat tenaga untuk mengembang biakan nya.

5. Hewan Langka : Burung Trulek Jawa

Burung Trulek dari Pulau Jawa
http://www.biodiversitywarriors.org

Burung Tulek Jawa adalah burung yang tidak di ketahui tempat aslinya. Yang jelas, sangat sulit sekali untuk menemukan burung jenis ini.

Di duga karena habitatnya yang semakin rusak burung ini semakin lama semakin berkurang dan mendekati kepunahan. Bahkan, sebagian orang menyatakan bahwa burung jenis ini telah punah.

Biasanya, burung jenis ini pada saat populasi nya masih banyak sering di temukan di daerah pesisir.

6. Badak Jawa

Badak yang berasal dari Pulau Jawa
http://www.binatang.mewarnaigambar.web.id

Badak Jawa adalah salah satu spesies dari 5 spesies badak di Dunia. Dari ke-5 spesies Badak ini, Badak Jawa adalah yang paling terancam punah. Jumlahnya saat ini hanya sekitar 50 ekor saja dan ini hanya bisa di temukan di Taman Nasional Ujung Kulon saja. Karena itu, badak termasuk Hewan langka di Indonesia.

Padahal, dulu populasi badak jawa tidak hanya terdapat di pulau jawa saja. Melainkan di seluruh daerah Asia hewan ini tersebar.

7. Surili

Surili dari Pulau jawa
https://beritagar.id

Surili adalah hewan endemik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Surili dikelompokkan sebagai hewan primata dan termasuk genus Presbytis secara Budaya.

Persebaran Surili saat ini hanya bisa di temukan di kebun binatang saja, jarang sekali di temukan di alam liar. Pemburuan hewannya menjadi penyebab utama langka nya hewan ini.

Walaupun pemerintah telah menyematkan status di lindungi, pemburuan hewan ini masih sangat liar.

8. Owa Jawa

Owa Jawa
http://beritadaerah.co.id

Owa Jawa adalah hewan yang termasuk ke dalam jenis primata dengan populasi yang sangat sedikit. Perdagangan hewan yang menyebabkan hewan ini semakin berkurang menjadi penyebabnya. Karena itu, hewan ini termasuk Hewan langka di Indonesia.

Apa lagi, yang di buru oleh orang yang tidak bertanggung jawab adalah bayi Owa, karena Owa adalah hewan yang setia. Ini juga menjadi menjadi sasaran orang yang tidak perduli akan kelestarian lingkungan.

9. Hewan Langka : Elang Jawa

Elang yang berasal dari Pulau Jawa
https://commons.wikimedia.org

Elang adalah burung yang bisa di bilang predator udara dengan ciri-ciri kekar, kuat, dan besar. Untuk Elang jawa sendiri, memiliki ciri-ciri tertentu yang menjadi pembeda dengan Elang pada umumnya. Burung elang juga biasa di sebut Burung Garuda.

Penyebaran hewan ini hanya berada di sekitar gunung Bromo. Inilah yang menjadi sebab bahwa Elang Jawa termasuk hewan yang terancam punah. Menurut data dari pengamat hewan, populasi nya saat ini mencapai 7 ekor. Angka 7 ekor termasuk angka yang lumayan banyak jika di bandingkan dengan sebelumnya hanya sekitar 3 ekor saja.

10. Kukang

Kukang Jawa
http://biodiversitywarriors.org

Kukang adalah salah satu jenis hewan primata yang berasal dari Pulau Jawa. Jika di lihat, Kukang ini terlihat sangat lucu dan menggemaskan. tapi, kenyataannya hewan ini lumayan berbahaya, Kukang memiliki racun yang tersimpan di bawah ketiak nya. Slain itu, Kukang juga termasuk hewan nokturnal (aktif di malam hari).

Menurut data dari perhitungan, populasi Kukang mengalami penurunan yang sangat tajam. Hal ini di sebabkan karena adanya pembukaan lahan untuk di jadikan perkebunan yang semakin mempersempit ekosistem nya.

Karena itulah saat ini Kukang tergolong hewan yang terancam punah.

11. Hewan Langka : Macan Tutul Jawa

Macan Jawa
http://izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

Macan tutul Jawa adalah hewan dari Pulau Jawa yang juga terancam punah. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Macan Tutul Jawa telah punah. Tapi, ada sebuah rekaman kamera tersembunyi yang menampilkan 4 ekor Macan Tutul Jawa.

Meskipun terdapat rekaman tentang adanya Macan Tutul Jawa tersebut, jumlah keseluruhannya hingga saat ini masih belum bisa di pastikan. Tapi yang jelas, Macan Tutul Jawa termasuk hewan yang hampir punah.

Hewan Langka di Indonesia: dari Pulau Sumatera

Di negara Indonesia Sumatera di kenal dengan pulau yang sangat kaya. Yang menjadikan Sumatera sebagai Pulau terkaya salah satunya adalah dengan terdapatnya hampir semua hewan yang ada di Indonesia ada di Sumatera.

Tidak hanya itu, keberadaan hewan-hewan endemik di pulau Sumatera juga menjadi ciri khas tersendiri. Namun dari sekian banyak hewan yang terdapat di pulau Sumatera, ada beberapa hewan yang telah mendekati kepunahan.

Berikut beberapa hewan yang hampir punah di Pulau Sumatera:

1. Gajah Sumatera

Hewan langka dari Pulau Sumatera
https://upload.wikimedia.org

Gajah Sumatera adalah salah satu hewan di Pulau Sumatera yang sangat langka, bahkan mendekati kepunahan. Jumlahnya yang sangat sedikit sekali, apa lagi di alam bebas.

Ulah oknum yang tidak bertanggungjawab lah yang menjadi penyebab langka nya hewan ini. Dengan alasan membutuhkan gading untuk bahan pembuatan obat mereka rela memburu secara liar.

Karena itulah Gajah Sumatera, kini termasuk hewan yang di lindungi, tujuannya tidak lain untuk menjaga kelestarian hewan ini.

2. Orang Utan Sumatera

Hewan hampir punah dari Pulau Sumatera
http://www.mongabay.co.id

Orang Utan Sumatera adalah hewan yang tergolong spesies primata. Primata ini memiliki warna bulu yang sangat unik, yaitu berwarna kemerahan. Mungkin, keunikan ini juga menjadi salah satu alasan di burunya hewan ini.

Dengan adanya perburuan yang bebas dan tanpa batas kini Orang Utan Sumatera sangat jarang sekali di temui. Selain itu, pembukaan lahan perkebunan juga menjadi salah satu seba berkurangnya spesies primata jenis ini.

3. Harimau Sumatera

Hewan langka dari Pulau Sumatera
http://leuserconservation.org

Harimau Sumatera adalah salah satu jenis kucing besar dari sekian banyak jenisnya. Tapi, bukan berarti Harimau sumatera memiliki tingkah laku seperti kucing pada umumnya. Kucing jenis ini memiliki sifat agresif dan kuat karena di tunjang oleh ukuran badannya yang besar.

Dalam populasi nya, Harimau Sumatera hanya memiliki beberapa saja. Sehingga Harimau Sumatera kini termasuk hewan yang langka dan mendekati kepunahan. Karena itu, Pemerintah menyatakan bahwa Harimau Sumatera kini di lindungi.

Hewan Langka di Indonesia: dari Pulau Sulawesi

Sama halnya dengan Pulau-Pulau lain, di Sulawesi juga terdapat beberapa hewan endemik yang memiliki keunikan tersendiri. Bahkan hewan-hewan endemik tersebut saat ini banyak yang sudah langka dan mendekati kepunahan.

Banyak hal yang menjadi penyebab langka nya hewan-hewan endemik di Pulau Sulawesi. Alasannya, hampir sama dengan Pulau-pulau lain yang juga memiliki hewan endemik hampir punah.

Berikut beberapa hewan yang hampir punah di Pulau Sulawesi:

1. Anoa

Anoa adalah hewan langka yang berasal dari Pulau Sulawesi. Secara Global terdapat dua jenis Anoa di Pulau Sulawesi, yaitu Anoa pegunungan dan Anoa dataran rendah.

Anoa dataran rendah

Anoa dataran Rendah
https://upload.wikimedia.org

Anoa Pegunungan

Anoa Pegunungan
https://lingkunganhidup.co

Jika di lihat, Anoa hampir mirip dengan Kerbau liar suka berenang di kubangan lumpur.

Kedua jenis Anoa tadi sama-sama memiliki nasib yang sama, yaitu menduduki peringkat hewan langka dan hampir punah. Tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dan adanya pembukaan lahan untuk pertanian menjadi lagi-lagi menjadi penyebabnya.

2. Kuskus

Kuskus adalah termasuk hewan endemik yang berasal dari Pulau Sulawesi. Selain itu, Kuskus juga termasuk hewan yang langka dan mendekati kepunahan. Memang di Pulau Sulawesi terdapat dua jenis Kuskus, yaitu Kuskus Beruang Sulawesi dan Kuskus kerdil.

Kuskus Beruang Sulawesi

Kuskus Beruang Sulawesi
earthymind.com

Kuskus Kerdil

Kuskus Kerdil
http://atikasiwi.blogspot.co.id

Tapi, kedua jenis Kuskus itu sama-sama termasuk hewan langka dan mendekati kepunahan. Penyebab terjadinya kelangkaan hewan ini sama dengan hewan-hewan di pulau lainnya.

3. Tarsius

Tarsius
http://youtube.com

Nama Tarsius pada hewan ini di ambil dari bentuk tubuhnya, karena memiliki tulang tarsal yang memanjang. Tarsius, termasuk hewan endemik yang berasal dari pulau Sulawesi.

Di sulawesi, terdapat dua jenis Tarsius yaitu: Tarsius Pulau Paleng dan Tarsius biasa. Meskipun termasuk hewan endemik Sulawesi tapi Tarsius sangat jarang sekali di temui, atau dengan kata lain “langka”. Bahkan, kedua hewan ini juga mendekati kepunahan.

4. Babi Rusa

Babi Rusa
www.realmonstrosities.com

Nomor selanjutnya, hewan hampir punah dari pulau sulawesi adalah Babi Rusa. Habitat asli dari hewan ini adalah daerah hutan hujan tropis karena kegemarannya memakan buah-buahan dan tumbuhan.

Babi hutan hanya menggunakan waktu malam hari untuk mencari makanan, karena termasuk hewan yang pemalu. Tapi, bisa menjadi buas jika di ganggu.

Saat ini spesies Babi Hutan saat ini menduduki posisi langka dan hampir punah. Dikategorikan sebagai hama atau hewan pengganggu menjadikan Babi Rusa di buru dan di bunuh Masyarakat.

5. Burung Maleo

Burung Maleo
http://www.klikriau.com

Selanjutnya adalah Burung Maleo, Burung endemik sumatera ini memiliki keunikan pada saat perkembangbiakan nya. Yaitu ketika telur menetas anak Burung Maleo langsung bisa terbang.

Tapi, keunikan dari burung itu menjadikan manusia mengambil telur-telur nya. Sehingga, saat ini populasi Burung Maleo berkurang drastis dan menduduki peringkat langka sampai hampir punah.

6. Hewan Langka : Monyet Sulawesi

Di Sulawesi terdapat dua jenis Monyet, yaitu: Monyet Sulawesi dan Monyet Gorontalo. Kedua primata ini termasuk hewan endemik Sumatera yang terancam punah.

 

Monyet Hitam Sulawesi
http://update.ahloo.com

Karena adanya pembukaan lahan untuk pemukiman dan perkebunan membuat kedua monyet ini mengalami penurunan populasinya. Selain itu, adanya perburuan liar juga termasuk penyebab berkurangnya populasi hewan ini.

Hewan Langka di Indonesia: dari Pulau Kalimantan

Kalimantan atau Pulau Borneo adalah sebuah pulau di Indonesia yang keanekaragaman hayati nya sangat kaya. Bahkan hampir 150 tahun Kalimantan menjadi objek para Ilmuwan Dunia.

Di Kalimantan terdapat banyak sekali jenis hewan endemik. Bahkan spesies hewan unik dan langka pun banyak terdapat di sini.

Berikut beberapa hewan yang hampir punah di Pulau Kalimantan:

1. Hewan Langka : Orang Utan

Orang Utan Kalimantan
www.vancouversun.com

Orang Utan Kalimantan memiliki habitat di Hutan hujan tropis dan subtropis. Populasi Orang Utan Kalimantan saat ini menurut data dari IUCN tengah mendekati kepunahan.

Pembuatan kebun yang mengakibatkan pembukaan lahan hutan habitat asli hewan ini menyebabkan berkurangnya populasi hewan ini. Selain itu, perburuan liar juga menjadi faktor utama berkurangnya spesies jenis ini.

2. Hewan Langka : Bekantan

Bekantan
https://img.okezone.com

Monyet hidung atau bekantan adalah primata yang berasal dari Kalimantan. Primata ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok sekali jika di bandingkan dengan primata-primata lainnya.

Bentuk hidung dan warna tubuhnya menjadi ciri khas dari primata ini. Namun karena keunikan nya banyak pemburu liar yang mengincar Bekantan sebagai objek buruan nya.

Sehingga saat ini Bekantan termasuk hewan yang langka dan terancam punah.

3. Kukang Kalimantan

Kukang kalimantan
http://www.mongabay.co.id

Primata dari Kalimantan selanjutnya adalah Kukang kalimantan. Primata ini terlihat sangat imut dan menggemaskan sekali. Berbeda dengan primata pada umumnya, Kukang Kalimantan bergerak sangat lambat sekali.

Tapi, nasib Kukang Kalimantan saat ini sangatlah mengenaskan. Selain di buru untuk di jual Kukang Kalimantan juga di buru untuk di jadikan tumbal pembangunan proyek.

Hal ini menyebabkan populasi Kukang Kalimantan semakin berkurang dan mendekati kepunahan.

4. Tupai Kerdil dan Tupai Terbang

Di Pulau kalimantan ada dua jenis Tupai yang menjadi endemik, yaitu Tupai Kerdil dan Tupai Terbang.

Tupai Kerdil

Tupai Kerdil
https://alamendah.files.wordpress.com

Tupai Terbang

Tupai Terbang
http://www.faunadanflora.com

Saat ini populasi dari kedua tupai ini sangat minim sekali. Di duga karena di buru untuk di jual dan di anggap sebagai hama populasinya sangat menurun saat ini.

Selain itu, pembangunan pemukiman yang terjadi juga mengurangi habitat asli dari hewan ini.

5. Hewan Langka : Badak Sumatera

Badak Sumatera
sadadakhmad.blogspot.com

Jika di lihat, memang agak aneh, masa Badak Sumatera ada di Kalimantan? Endemik lagi. Tapi inilah kenyataannya. Badak Sumatera itu menjadi hewan endemik Pulau Kalimantan.

Pemanfaatan cula nya sebagai obat tradisional China membuat badak ini di cari para pemburu.

Karena itulah, saat ini populasi badak Sumatera sangat berkuarang sekali dan mendekati kepunahan.

6. Kucing Merah

Kucing Merah
kaskus.id

Kucing Merah adalah hewan endemik yang berasal daari Pulau Kalimantan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengenal dengan jelas seperti apa Kucing ini. Bahkan di kebun binatang pun sangat sulit untuk di temukan.

Karena jarang nya di temukan, banyak badan peneliti hewan yang berpendapat bahwa Kucing Merah termasuk hewan yang terancam punah.

Di duga karena pembukaan lahan untuk perkebunan dan pemukiman mengurangi tempat tinggal kucing ini.

7. Musang Air

Musang Air
pixabay.com

Musang air adalah salah satu spesies musang yang endemik di Pulau Kalimantan dan termasuk jenis semi-aquatik. Musang Air ini biasanya aktif di malam hari saja atau nokturnal.

Namun, kini habitat asli dari Musang ini telah rusak dan menyebabkan berkurangnya populasi Musang jenis ini. Menurut data dari UICN hewan ini adalah salah satu spesies yang saat ini terancam punah.

8. Macan Dahan Kalimantan

Macan Dahan Kalimantan
www.indyatour.com

Macan dahan Kalimantan adalah salah satu jenis kucing besar yang liar. Penyebaran hewan ini berada di daerah Pulau-pulau Asia Tenggara. Kebiasaan Macan ini sangatlah tertutup, karena Macan ini adalah hewan yang pemalu.

Saat ini Macan kalimantan sangat sulit untuk di temukan (langka), apalagi di alam bebas. Populasi nya yang semakin menurun di sebabkan karena berkurangnya tempat habitat mereka.

9. Gajah Kalimantan

Gajah Kalimantan
https://jurnalbumi.com

Gajag Kalimantan atau dengan kata lain di sebut Gajah Borneo adalah Hewan endemik Pulau Kalimantan. Penurunan populasi Gajah ini sangat memprihatinkan. Terbukti, dengan penurunan mencapai 50% selama tiga periode ini menjadikan Gajah Kalimantan sebagai hewan langka dan terancam punah.

Pengambilan gading sebagai obat adalah faktor utama yang menyebabkan penurunan spesies Gajah ini turun tajam.

Hewan Langka di Indonesia: dari Pulau Papua

Papua adalah Pulau yang berada di ujung timur Negara Indonesia. Di Papua terdapat banyak sekali terdapat cerita-cerita yang sangat memprihatinkan. Selain itu, Papua juga biasa di sebut dengan nama Negeri Cendrawasih.

Di Papua sendiri terdapat banyak kekayaan hayati yang sangat menakjubkan. Selain itu, banyak juga jenis hewan endemik yang terdapat di Papua. Namun, hewan-hewan endemik papua saat ini banyak yang menduduki posisi terancam punah.

Berikut beberapa hewan yang hampir punah di Pulau Papua:

1. Mambruk Victoria

Mambruk Victoria
http://img11.deviantart.net

Mambruk Victoria adalah salah satu jenis burung yang memiliki keunikan dan terdapat di Pulau Papua. Habitat dari Burung ini adalah di hutan dataran rendah.

Untuk mendapatkan makanan burung ini mencarinya di permukaan tanah (tersial).

Populasi Burung ini saat ini sangatlah sedikit. Hal ini di sebabkan karena perburuan bebas. Bahkan kini Burung Mambruk Victoria termasuk burung yang terancam punah.

2. Nuri Sayap Hitam

Nuri Sayap Hitam
ruparupaburung.blogspot.com

Nuri Sayap Hitam adalah salah satu jenis burung di Pulau Papua. Burung ini memiliki warna bulu yang sangat mencolok.

Spesies asli dari burung ini hanya bisa di temukan di hutan daerah pesisir Papua saja. Namun rusaknya habitat asli dari burung ini menyebabkan Nuri Sayap Hitam termasuk hewan langka dan terancam punah.

3. Hewan Langka : Kanguru Pohon

Kanguru Pohon
https://animalsake.com

Jika sebelumnya yang anda ketahui bahwa Kanguru adalah hewan yang berasal dari Negara Australia. Sebenarnya, Indonesia juga memiliki Kanguru. Hanya saja jenis Kanguru yang berada di Indonesia bukanlah kanguru biasa, melainkan Kanguru Pohon.

Kanguru Pohon adalah hewan asli Indonesia yang berasal dari Pulau Papua.

Namun saat ini spesies Kanguru Pohon di Indonesia sangat sedikit sekali. Sehingga untuk bisa menemukannya hanya ada di kebun binatang saja. Dengan langka nya hewan ini memasukkan Kanguru pohon sebagai hewan langka dan terancam punah. Karena itulah, hewan ini termasuk Hewan langka di Indonesia.

4. Hewan Langka : Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih
http://www.pecintabinatang.com

Burung Cendrawasih adalah salah satu jenis hewan langka yang berasal dari Papua. Ekornya yang indah menyebabkan Burung ini banyak di buru untuk di ambil bulunya.

Burung ini termasuk Hewan yang di lindungi saat ini. Selain itu, Burung ini juga sangat langka sekali dan menduduki peringkat hampir punah.

Memang, keindahan burung ini tidak bisa di bohongi lagi. Dengan warna bulu dan ekor yang panjang, banyak orang menyebutnya burung dari surga.

Penyebab Hewan Langka di Indonesia

Menurut survei lapangan, langka nya hewan di indonesia di sebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan manusia. Baik itu badan kehewanan maupun masyarakat biasa.

Berikut penyebab langka nya hewan-hewan di Indonesia:

  1. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam melindungi kekayaan alam Negara
  2. Lemahnya pengawasan dari badan khusus yang memegang masalah perhewanan
  3. Adanya kehadiran oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab
  4. Perburuan liar
  5. Pembukaan lahan pertanian dan pemukiman yang menyebabkan hilangnya ekosistem alam

Contoh penyebab hewan langka di Indonesia

Dari poin-poin di atas, tentunya bisa anda sadari tentang apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian alam Indonesia.

Mungkin itu pembahasan mengenai “Hewan langka di Indonesia” dari saya. Semoga artikel ini menjadi salah satu media bertambahnya ilmu para pembaca dan semoga ini bisa menjadi manfaat bagi orang banyak. Jangan lupa baca terus artikel-artikel terbaru dan menarik dari kami, sukses selalu dan salam sejahtera.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: