Deskripsi Lengkap Tentang Alat Musik Petik (Gambar+Video)

Alat Musik Petik – Musik adalah seni suara yang terdiri dari susunan-susunan nada yang membuatnya lebih berirama dan mengandung keharmonisan. Musik sendiri di hasilkan dari berbagai macam alat yang di buat sedemikian rupa dengan berbagai cara pemakaian.

Selain itu, musik juga bisa di hasilkan dari berbagai alat yang tidak di bentuk tapi memiliki suara ketika di pukul, di tiup, di petik, dan lain sebagainya.

Dalam perjalanannya dulu, musik sendiri tidak ada yang tahu kapan mulainya manusia mengenalnya. Tapi, seiring berjalannya waktu manusia zaman dulu semakin mengenal terhadap suara dan nada.

Seiring berjalannya waktu manusia semakin mengenal terhadap musik dan terjadilah perkembangan yang sangat pesat. Dengan terjadinya perkembangan maka muncul pula berbagai macam aliran musik, baik itu musik slow atau pun musik rock.

Tidak hanya itu, alat-alat musik juga mengalami perkembangan-perkembangan yang memunculkan berbagai macam alat musik baru. Seperti halnya alat musik petik, seiring berjalannya waktu alat musik ini memiliki macam dan bentuk yang beragam.

Untuk itu, saya akan memaparkan pembahasan tentang alat musik petik secara lengkap di sertai gambar ilustrasi, video penggunaan dan deskripsi lengkapnya.

Berikut ulasan lengkapnya:

Pengertian Alat Musik Petik

Pengertian Alat Musik Petik

Alat musik petik adalah alat musik yang cara penggunaannya dengan di petik, yang tentunya pada alat musik tersebut terdapat bagian khusus untuk di petik. Alat itu biasanya berupa tali, senar, irisan bambu, dan lain-lain.

Dengan adanya petikan maka alat musik petik akan mengeluarkan suara. Dan tentunya perlu adanya irama supaya menampilkan seni suara yang memukau.

Hingga saat ini, alat musik yang metode penggunaannya di petik sangatlah beragam. Mulai dari yang bentuknya tidak asing di mata anda sampai yang asing pun banyak. Padahal, cara mainnya tetap di petik.

Baca juga

Berikut penjelasan dan macam-macam alat musik petik dari jaman dulu hingga sekarang:

Alat Musik Petik Tradisional Indonesia

Berbicara tentang alat musik petik, Indonesia yang kaya akan berbagai macam budaya dan kesenian juga tidak mau kalah. Tidak sedikit daerah-daerah di Indonesia menjadikan alat musik petik sebagai kesenian nya. Setidaknya ada lebih dari 10 alat musik Indonesia yang cara penggunaannya di petik.

Untuk penjelasan secara detail nya bisa di lihat pada uraian selanjutnya.

Nama, Deskripsi, dan Gambar Alat Musik Petik

Di bagian ini, saya akan menerangkan berbagai jenis alat musik petik secara mendetail lengkap dengan gambarnya. Sebagaimana kita tahu, bahwa alat musik petik memiliki perkembangan dan perubahan yang sangat besar.

Sehingga dengan hal ini menjadikan alat musik petik tidak henti-hentinya di gemari oleh para musisi terkenal. Bahkan, Menurut mereka menjadi sebuah keharusan seorang musisi bisa bermain gitar (alat musik petik).

Berikut nama-nama alat musik petik lengkap:

1. Alat Musik Petik Banjo

Alat Musik Petik Banjo
Pixabay.com

Banjo adalah alat musik instrumental yang memiliki empat, lima, atau pun ada yang menggunakan enam senar. Dengan menggunakan resenator yang berupa selaput tipis membuat alat musik ini terlihat unik.

Penggunaan banjo dalam dunia musik lumayan banyak, seperti musik country, bluegrass, folk, dan tradisional.

Sebelum populer di abad 19 banjo sendiri menjadi alat musik ini menduduki peringkat inti dalam musik Afrikan. Bahkan di musik tua Amerika pun banjo ikut serta sebagai salah satu pengaruh pentingnya.

2. Celempung

Alat Musik Celempung
https://alatmusikindonesia.com

Celempung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia, tepatnya di pulau jawa. Bentuk alat musik ini hampir sama dengan siter, hanya saja celempung lebih rendah satu hasta di bawahnya. Jumlah senar nya yaitu sekitar 13 biji.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan kedua tangan. Tangan yang satu di gunakan untuk memetik menggunakan ibu jarinya, sedangkan tangan yang satunya lagi menahan senar yang lain agar tidak merusak nada.

Instrumen dari celempung ini merupakan kekhasan dari musik gamelan, walaupun sering juga di pakai di musik yang lainnya.

3. Gambus

Alat Musik Gambus
http://sijoripost.com

Gambus juga merupakan alat musik petik yang berasal dari tanah air, hanya saja ini datangnya dari Riau. Tidak hanya itu, persebaran alat musik ini juga terdapat di seluruh daerah Melayu.

Jika di lihat-lihat, alat musik Gambus hampir mirip dengan gitar, tapi bentuk dari bagian intinya mirip dengan labu yang di belah. Dengan bentuk ini, gambus juga termasuk alat musik yang brerdawai.

Dalam penggunaannya, gambus adalah sebagai pengiring tari Zapin yang berasal dari Timur Tengah. Selain itu gambus sering di gunakan dalam acara pernikahan. Selain itu, untuk menambah seni musik ini penggunaan gambus juga sering di iringi alat musik lain.

Menurut masyarakat Riau sendiri, alat musik ini termasuk salah satu modifikasi dari Al’ud dari Arab. Namun ada juga yang berpendapat bahwa alat musik ini asli dari Riau.

4. Alat Musik Petik Gayageum

Alat Musik Petik Gayanggeum
https://upload.wikimedia.org

Gayageum adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Korea. Selain itu, gayageum juga di kenal dengan kecapi.

Senar yang terdapat pada alat musik ini terdiri dari 12 buah. Selain itu, gayageum terbagi dua jenis musik yaitu sanjo dan jeongak. Penggunaan musik ini yaitu pada pementasan musik solo dan jengoak dalam pementasan musik orkestra.

Asal mula dari alat musik ini yaitu dari zaman kerajaan Gaya pada abad ke-6.

5. Alat Musik Petik Gitar

Alat Musilk Petik Gitar
http://busmek.bursa.bel.tr

Gitar adalah alat musik petik yang berdawai. Bentuk dari gitar sendiri tidaklah asing di mata kita semua. Hingga saat ini, gitar memiliki perkembangan yang sangat pesat, baik bahan pembuatan nya atau pun jenisnya. Sehingga banyak musisi-musisi yang ahli dalam memegang gitar.

Berikut Video cara bermain gitar:

Di dalam pembuatan nya, jika dulu hanya terbuat dari kayu saja. Tapi sekarang banyak bahan-bahan yang lebih mudah di gunakan. Sedangkan dalam jenisnya, secara umum terbagi dua yaitu gitar elektrik dan gitar akustik.

6. Alat Musik Petik Harp Guitar

Alat Musik petik Harp Guitar
http://www.harpguitarmusic.com

Harp guitar atau gitar harpa juga termasuk alat musik petik yang berdawai atau string. bentuknya hampir sama dengan gitar pada umumnya, hanya saja terdapat tambahan string.

Kata harpa pada nama harp guitar di pilih dari bentuknya yang terdapat senar yang terbuka. Masing-masing dari senar ini berdawai dan di tambah dengan dawai gitar.

7. Harpa

Alat Musik Petik Harpa
https://i.ytimg.com

Harpa adalah alat musik petik yang penggunaannya tidak se-populer alat musik lainnya. Ukuran dari harpa ini memiliki banyak bervariasi, dari yang paling kecil sampai yang paling besar pun banyak.

Umumnya bentuk harpa ini segi tiga, dan cara pemetikan nya dari kedua sisinya.

Penggunaan alat musik ini biasanya pada acara-acara orkestra atau pun pertunjukan musik lainnya.

Dalam pementasan nya, pemain harpa biasanya sambil bernyanyi atau pun di mainkan oleh pemain lain.

8. Hasapi

Alat Musik Petik Hasapi
http://media.liveauctiongroup.net

Hasapi adalah alat musik petik tradisional yang berasal dari nusantara, khususnya dari Batak. Jika di lihat, bentuk alat musik ini mirip dengan kecapi. Selain itu, hasapi juga termasuk alat musik yang berdawai.

Menurut orang-orang dari berbagai suku di Sumatera Utara menyebutkan bahwa hapetan adalah hasapi. Atau dengan kata lain sama saja dengan kecapi.

Alat musik ini sering sekali di gunakan oleh suku Batak Toba. Dalam penggunaannya, biasanya pada acara-acara adat Suku.

9. Japen

Alat Musik Petik Japen
https://alatmusikindonesia.com

Japen adalah alat musik petik tradisional yang juga berasal dari nusantara, tepatnya dari Kalimantan Tengah. Bentuk dari japen ini hampir sama dengan kecapi dan juga sama. Nada yang di keluarkan alat musik ini pun sama dengan kecapi.

Hasil suara dari japen sendiri bernada seperti kebudayaan Tionghoa. Alat musik ini sangatlah populer di Kalimantan tengah.

10. Jentreng

Alat Musik Petik Jentreng
https://alatmusikindonesia.com

Jentreng atau Jentreng Tarawangsa juga termasuk alat musik tradisional indonesia, tepatnya dari daerah Jawa Barat.

Konon, asal mula dari alat musik ini yaitu ketika ada bencana yang melanda Rakyat Rancakelong. Yaitu ketika hilangnya butiran padi dari kulitnya. Menurut masyarakat setempat, kejadian ini di akibatkan karena melupakan tata tertib upacara kepada Dewi Sri.

Karena itulah Masyarakat setempat membuat upacara persembahan kepada Dewi Sri. Sejak saat itu musik jentreng sering di tampilkan saat upacara adat persembahan kepada Dewi Sri.

11. Kecapi

Alat Musik Petik Kecapi
https://www.satujam.com

Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari Indonesia, khususnya dari daerah Sunda. Bentuk kecapi yaitu berupa kotak kayu yang di dalamnya ada lubang resonansi sebagai pemroses suara sebelum di keluarkan.

Di bagian sisi dari kotak kayu ini di bentuk sedemikian rupa sehingga menampilkan bentuk yang hampir mirip dengan perahu. Kecapi sendiri terbagi dua bagian, yaitu kecapi Indung dan kecapi Rincik.

Dalam penggunaannya, biasanya kecapi sebagai pengiring musik-musik Sunda.

12. Keso-keso

Alat Musik Petik Keso-keso
http://sarungpreneur.com

Keso-keso adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik ini cukup terkenal di Sulawesi karena memiliki suaranya yang khas.

Karena saking terkenal nya, penggunaan Keso-keso dalam pentas seni, upacara adat, dan hajatan sangat sering.

Selain itu, alat musik ini memiliki nama lain yang unik yaitu Kere-kere Galang.

13. Alat Musik Petik Mandolin

Alat Musik Petik Mandolin
https://www.pmtonline.co.uk

Mandolin adalah alat musik petik tradisional dari Italia yang berdawai, cara penggunaannya sama dengan biola. Cara memainkan alat musik ini masih mirip dengan gitar tapi jumlah senar nya berbeda.

Dalam penggunaannya, alat musik ini sangat sering di pakai. Seperti contoh dalam pengiring tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Selain itu, alat musik ini juga sebagai pengiring musik-musik tradisional lainnya.

14. Panting

Alat Musik petik Panting
tokopedia.net

Panting adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Kalimantan Selatan. Panting menjadi sebutan alat musik ini karena di dominasi oleh alat musik sejenis gambus yang memakai panting atau senar.

Seiring berjalannya waktu, musik panting mengalami perkembangan yang pesat. Di antaranya adalah adanya kombinasi dari alat musik panting dengan alat musik yang lainnya. Sehingga, dengan kombinasi itu membuat musik panting lebih berfariasi.

15. Pipa

Alat Musik Petik Pipa
http://www.gandharvaloka.ca

Pipa adalah alat musik petik Tradisional yang berasal dari Tionghoa. Alat musik ini terbuat dari kayu yang di bentuk menyerupai buah pir. Sedangkan suara yang di keluarkan seperti suara Banjo.

Dalam pementasan nya musik ini sering di tampilkan di panggung-panggung.

Seiring berjalannya waktu, hadir berbagai desain baru yang dinamakan pipa modern. Saat ini, pipa modern menggunakan kawat baja sebagai senar nya.

16. Sampe

Alat Musik Petik Sampe

Adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Di daerahnya, alat musik ini sangatlah terkenal. Saking terkenal nya, hampir semua penduduk suku dayak menggunakan alat musik ini sebagai pelengkap alat musik acaranya.

Musik ini sering di tampilkan di acara-acara adat dan kesenian daerah.

yang menjadi unik dalam alat musik ini adalah penggunaan senar yang terbuat dari kulit pohon enau, tapi ini dulu. Namun seiring berjalannya waktu, senar tersebut di ganti dengan kawat senar kecil.

17. Alat Musik Petik Sanxian

Alat Musik Petik Sanxian

Sanxian adalah alat musik klasik yang berasal dari dinasti Qin, yaitu salah satu dinasti besar di China.

Sanxian in i memiliki tiga bagian dasar yang sama dengan gitar yaitu kepala, badan, dan leher.

Seiring berjalannya waktu, alat musik ini memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Contohnya seperti Sanxian kecil, besar, dan listrik. Tapi, yang paling sering di mainkan saat ini adalah Sanxian kecil.

18. Sasando

Alat Musik Petik Sasando

Selanjutnya alat musik yang berasal dari nusantara lagi nih, yaitu Sasando. Sasando adalah alat musik petik yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Bentuk sasando  mirip seperti tabung panjag. Sasando sendiri di buat dengan berbahan dasar bambu.

Biasanya, alat musik ini di gunakan saat acara-acara adat dan kesenian. Tapi seiring berjalannya waktu alat musik ini juga sering di gunakan dan di kombinasikan dengan alat musik moderen lain.

19. Alat Musik Petik Saung Gauk

Alat Musik Petik Saung Gauk
http://www.pick-et-boch.com

Saung gauk adalah alat musik tradisional yang berasal dari Burma. Biasanya, alat musik ini dalam berbagai macam acara musik di Burma. Saung gauk sendiri tergolong alat musik yang sudah sangat kuno sekali.

Bahkan, saking kuno nya, alat musik ini hanyalah tinggal satu yang masih ada di asia.

Alat musik ini juga memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang berbeda.

20. Shamisen

Alat Musik petik Shamisen
http://bachido.com

Shamisen adalah alat musik petik yang berasal dari jepang. untuk memetik Shamisen ada alat khusus yang biasa di sebut bachi. Alat musik ini sangatlah erat dengan para pemusik tunanetra.

Bentuk alat musik ini segi empat dengan setiap sudut agak melengkung.

Awalnya, alat musik ini di buat dari kulit punggung anjing. Tapi sekarang di rubah menjadi kulit imitasi, karena memiliki bahan inti dari kulit imitasi yang memiliki kualitas yang kurang bagus sehingga kurang populer.

21. Sitar

Alat Musik Petik Sitar
youtube.com

Sitar adalah alat musik tradisional yang sangat khas dan berasal dari negara India. Alat musik ini sudah di kenal sejak tahun 1800-an.

Awalnya, alat musik ini di bawa oleh orang-orang Timur Tengah.

Sitar adalah salah satu alat musik yang sangat populer dan memiliki kedudukan baik di masyarakat India utara.

Saat ini, sitar sangatlah langka dan unik, pasalnya alat musik ini sangat sulit sekali di temui.

22. Siter

Alat Musik Petik Siter
https://alatmusiksiter.files.wordpress.com

Siter adalah alat musik yang berasal dari Pulau Jawa. Siter sendiri hampir sama dengan celepung, baik bentuk maupun penggunaannya hanya saja ukurannya agak besar.

Asal kata siter dari bahasa Belanda yaitu “citer”.

Dalam pementasan nya alat musik ini sering di gunakan pada acara-acara kesenian daerah. Saat ini alat musik siter masih sering di temui dalam acara-acara musik.

23. Alat Musik Petik Ukulele

Alat Musik Petik Ukulele
http://www.deanguitars.com

Alat musik ukulele termasuk alat musik petik yang hampir mirip dengan gitar. Hanya saja ukuran dari ukulele lebih kecil dengan jumlah senar hanya 4 saja. Kata ukulele dari alat ini berasal dari bahasa Hawaii

Penggunaan alat musik ini sangatlah sering di temukan, baik dari pemusik rendahan sampai tingkat atas.

Ke-populeran alat musik ini alat musik ini sangatlah populer dalam musik keroncong dan pengamen jalanan.

Berikut aksi lucu memainkan ukulele:

Kesimpulan Tentang Alat Musik Petik

Dari berbagai alat musik petik yang sudah saya tuliskan, yang paling populer dan terjadi perkembangan yang sangat pesat. Seperti contoh munculnya berbagai jenis gitar.

Seperti contoh adanya gitar bass, melodi, akustik, dan gitar listrik.

Mungkin, yang kita kenal saat ini hanyalah gitar akustik saja. Yang mana gitar akustik adalah yang menjadi awal dan jenis pertama gitar.

Mungkin itu penjelasan tentang alat musik petik yang saya bisa sampaikan, semoga bermanfaat!

Satu pemikiran pada “Deskripsi Lengkap Tentang Alat Musik Petik (Gambar+Video)

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: